19 Anggota KAN Sungai Tarab Ikuti Pelatihan

19 Anggota KAN Sungai Tarab Ikuti Pelatihan
Sungai Tarab, SuhaNews – 19 orang anggota kerapatan adat nagari (KAN) Sungai Tarab kabupaten Tanah Datar mengikuti pelatihan bertajuk Adat Salingkar Nagari, Senin (6/12).

Pejabat Wali nagari Sungai Tarab Pendri Yasni yang turut memberikan sambutan dalam kesempatan ini menyampaikan terima kasih kepada KAN yang menggelar kegiatan ini. Karena sungguh yang mengikuti pelatihan adalah anggota KAN, sasaranya adalah masyarakat nagari Sungai Tarab.

Baca juga: Kota Pariaman Jadi Tuan Rumah Pelatihan Wasit Pomnas

Yasni menyebut, KAN merupakan mitra bagi pemerintah nagari dalam menjalankan program pemerintah. Seperti pelaksanaan vaksinasi, melalui himbauan kepada anak kemanakan dan masyarakat, serta pelaksanaan pemeilihan Walinagari serentak pada 16 Desember 2021 mendatang.

Camat Sungai Tarab Arianto S.STP yang membuka kegiatan ini menyampaikan, Niniak Mamak pemangku adat merupakan amanah yang ada tanggung jawab besar yang harus dilaksanakan sehingga tidak semua orang sanggup dan bisa menerima amanah ini.

“Generasi muda perlu di warisi tatanan adat yang selama ini menjadi nilai nilai bagi masyarakat. Saat ini tantangan bagaimana generasi muda dapat memahami dan menjadikan adat salingka nagari sebagai jati dirinya.” sebut Camat

Disampaikan juga, teknologi yang semakin berkembang perlu di iringi dengan nilai nilai adat. Perlu generasi muda untuk mendapatkan pembelajaran adat disekolah. Semoga kegiatan ini dapat berlanjut untuk KAN. Baik melalui dana nagari maupun BOP.

Camat berharap KAN dapat menjadi bagian kesuksesan dalam penyelengaraan Pemilihan Wali Nagari. Pemilihan yang badunsanak, bebas dari politik politik yang menjatuhkan dan tentaram.

“Mudah mudahan melalui kegiatan ini melahirkan kesepakatan bersama untuk anak kemanakan yang lebih baik kedepannya,”tutup Camat.

Pembukaan pelatihan KAN Sungai Tarab ini juga dihadiri oleh BPRN Sungai Tarab. Sedangkan Narasumber kegiatan ini adalah Dt marah Banso yang juga wakil ketua I KAN Sungai Tarab. Andra | Moentjak

BACA JUGA  Kota Padang Raih Penghargaan Kominfo 2021

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaKota Pariaman Gelar Ujian PPPK Tahap II untuk Guru
Artikel berikutnyaKomisi IV DPR RI dan Dirjen Kementan Akan Menguliti Program Kota Pariaman