2 Penimbun BBM Bersubsidi Ditangkap Polres Dharmasraya

2 Penimbun BBM Bersubsidi Ditangkap Polres Dharmasraya
SuhaNews – Dua pelaku penimbun BBM Bersubsid jenis Solar ditangkap Satreskrim Polres Dharmasraya dan Polsek Sititung, Jumat (9/9) dinihari di orong Taman Sari, Kenagarian Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya.

Kedua tersangka masing – masing berinisial K (52) warga Jorong Taman Sari, Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya dan berinisial DF (40) warga Jorong ganting,  Kenagarian gunung medan, Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya.

Kapolews Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah melalui Paur Humas Ipda Marmawi mengatakan, Gabungan Reserse Kriminal Polres Dharmasraya dan Polsek Sitiung berhasil menangkap dua orang tersangka penyalahgunaan BBM bersubsidi.

“Tim Gabungan menangkap dua tersangka terkait penyalahgunaan BBM bersubsidi,” katanya.

Paur Humas menyebut kedua tersangka ini masing-masing memiliki peran yang berbeda, tersangka K (52) berperan sebagai pemilik dan tersangka DF (40) berperan sebagai tukang langsir BBM,” terangnya.

Ia menambahkan, penangkapan itu bermula ditangkapnya tersangka Insial K (52) di Jorong Taman Sari, Kenagarian Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya oleh anggota Polsek Sitiung 1 Koto Agung terkait penyalahgunaan minyak BBM jenis Solar yang disubsidi oleh Pemerintah.

Tersangka K (52) menimbun minyak bersubsidi di perkarangan rumahnya tanpa memiliki legalitas penggunaan minyak yang disubsidi oleh pemerintah, dalam perkarangan rumah tersebut ditemukan ada Jerigen, tedmond dan drum yang diduga berisikan BBM jenis solar

Kemudian atas pengakuan tersangka K, BBM jenis Solar itu diberikan dari tersangka DF (40), lalu atas informasi itu, kemudian dilakukan penangkapan terhadap DF (40).

“Modus Operandi kasus itu dengan cara Membeli Minyak yang Disubsidi oleh Pemerintah Kemudian dipergunakan untuk kebutuhan industri serta diperjual belikan,” jelasnya.

Dari hasil penangkapan itu, adapun Barang bukti yang diamankan diantaranya 11 (Sebelas) galon ukuran 35 liter yang tiap tiap galonnya berisikan bahan bakar minyak jenis solar lebih kurang 31 liter, 4 (Empat) galon ukuran 35 liter dalam keadaan kosong.

BACA JUGA  Meresahkan, Polres Padang Amankan 4 Preman Pasar Raya

Selain itu juga diamankan 1 (Satu)drum warna merah putih berisikan bahan bakar minyak jenis solar sebanyak lebih kurang 186 liter, 1 (Satu) tedmon warna putih berisikan bahan bakar minyak jenis solar sebanyak lebih kurang 930 liter, serta 1 (Satu) Unit Kendaraan R4 Jenis bak terbuka tanpa dilengkapi surat kendaraan.

Paur humas menyampaikan bahwa Kapolres Dharmasraya menyatakan bahwa akan menindak tegas setiap penyimpangan dan penyalahgunaan BBM subsidi.

“Ini komitmen dari bapak Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah bahwa akan menindak tegas setiap penyimpangan dan penyalahgunaan BBM bersubsidi,” imbuhnya.

“Dalam hal ini, kedua tersangka disangkakan dengan penerapan Pasal 55 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2001 Tentang Minyak Dan Gas Bumi yang telah diubah pada pasal 40 angka 9 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja dengan ancaman 6 tahun penjara,” pungkasnya.(*)

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBupati Eka Putra Saksikan Pertandingan Turnamen Invitasi Bola Voli
Artikulli tjetërSeni Budaya Minangkabau Ramaikan Makassar International Eight Festival