28 Penumpang Air Asia Dibekali Kartu HAC, Karena Sepesawat dengan Pasien Meninggal di M Djamil

28 Penumpang Air Asia Dibekali Kartu HAC, Karena Sepesawat dengan Pasien Meninggal di M Djamil
Perbangan Internasional, salah satu jalan masuk WNA ke Indonesia
SuhaNews. Seorang penumpang dengan penerbangan Air Asia yang sempat dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang telah dinyatakan meninggal dunia.
Penumpang ini berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dalam mengantisipasi wabah Virus Corona (Covid-19).

Sebelumnya, almarhum mengalami gejala batu serta sesak nafas saat pemeriksaan di pintu kedatangan internasional Bandara Internasional Minangkabau (BIM) usai dari Malaysia. Setidaknya, terdapat 28 penumpang lain yang satu pesawat dengan almarhum.

Berita Terkait : Penumpang dari Kuala Lumpur yang Dirujuk ke RSUP M Jamil Meninggal Dunia

Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi (PKSE) Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Padang, Ildansyah mengatakan, seluruh penumpang Air Asia, yaitu sebanyak 28 orang telah diberikan kartu kewaspadaan, atau Health Alert Card (HAC).

“Penumpang Air Asiakami berikan kartu kewaspadaan. Kemudian data diberikan ke Dinas Kesehatan Provinsi, itu namanya notifikasi. Hasil pemantauan dari kami, di serahkan ke wilayah (dinas kesehatan provinsi),” ujarnya saat dihubungi Langgam.idvia telepon, Selasa (17/3/2020) malam.

Namun, Ildansyah tidak bisa mengungkapkan apakah seluruh penumpang satu pesawat dengan pasien yang meninggal masuk Orang Dalam Pemantauan (ODP). Hal ini merupakan kewenangan Dinas Kesehatan Provinsi.

“Statusnya ODP, Dinas Kesehatan yang menentukan, bentuk koordinasi begitu. 14 hari menjadi pemantauan wilayah dalam hal ini Dinas Kesehatan. Kami tugasnya di pintu masuk, mendeteksi. Kalau kita temukan gejala, segera menghubungi dinas kesehatan,” jelasnya.

Berita Terkait : 1 Penumpang Pesawat Diisolasi di BIM dan Dirujuk ke RSUP M. Jamil

Diketahui sebelumnya, video pemeriksaan seorang penumpang yang ditetapkan PDP ini sempat beredar di media sosial. Dalam video itu, tampak para petugas mengunakan pakaian hazmat dalam pemeriksaan.

Usai diperiksa, penumpang itu langsung dibawa menggunakan tandu Standar Operasional Prosedur (SOP) penanganan corona. Kemudian, dibawa mengunakan ambulans dan dirujuk ke RSUP M Djamil Padang.

BACA JUGA  Status Penumpang Air Asia Dinyatakan PDP

Namun, setelah penanganan tim medis, pasien dinyatakan meninggal dunia, Senin (16/3/2020) sekitar pukul 21.10 WIB. Penanganan jenazah pasien pun diberlakukan sesuai SOP untuk mengantisipasi wabah Virus Corona (Covid-19). Red

Sumber : Langgam.Id

Baca Juga :

 

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaTim Monev Kanwil Kemenag Sumbar Tinjau UMBNBK di MTsN 2 Solok
Artikel berikutnyaDuta MAN 1 Bukittinggi Berprestasi pada KSN 2020