3 Siswa MAN 2 Bukittinggi Melaju ke KSM Tingkat Provinsi

MAN
Bukittinggi,SuhaNews – 3 siswa MAN 2 Bukittinggi melaju ke KSM (Kompetisi Sains Madrasah)  tingkat Provinsi. Kompetisi ini terdiri dari 4 tahapan mulai dari seleksi tingkat madrasah, kab/kota, provinsi dan nasional.

MAN 2 Bukittinggi selalu ikut ambil bagian dalam kompetisi ini terbukti dengan keikutsertaan siswa MAN 2 Bukittinggi sebanyak 12 orang yang ikut seleksi tingkat kota Bukittinggi pada 13- 14 Agustus lalu.

Baca juga: Siswa MAS PSA Sulit Air Wakili Kabupaten Solok ke KSM 2022 Tingkat Sumbar

Untuk tahun 2022 sebanyak 3 orang siswa MAN 2 Bukittinggi mewakili kota Bukittinggi untuk melaju ke tingkat provinsi, pada cabang Ekonomi Terintegrasi meraih Juara 1 Tingkat kota Bukittinggi yaitu Laila Fitri Ramadhani kelas XII.IPS 1.

Imrotus Sholiha meraih juara 2 cabang Biologi Terintegrasi dan Anisa Aprilia Nuriah merah peringkat 3 pada cabang Matematika.

‘’Alhamdulillah tahun ini saya meraih juara 1 dan ini pengalaman pertama bagi saya. Terimakasih banyak pada guru pembimbing Nisaini dan Mira Rahmi,” ujar Laila Fitri Ramadhan

Sangat bahagia dapat, tambahnya, mewakili kota Bukittinggi pada tingkat provinsi. Persiapan ikut KSM sudah saya mulai semenjak kelas X dan semakin intensif mempelajari modul agama sebulan terakhir ini.

“Soal- soal pada seleksi KSM tidak hanya pada bidang yang dilombakan namun diintegrasikan dengan mapel agama,” tambah Laila Fitri Ramadhan.

KSM tingkat provinsi akan diadakan pada 10 September  2022 mendatang. Laila Fitri Ramadhanberharap bisa membawa nama MAN 2 Bukittinggi dan kota Bukittinggi ke tingkat Nasional.

Salah satu pembimbing KSM MAN 2 Bukittinggi cabang Ekonomi terintegrasi, Nisaini menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas capaian siswa bimbingannya.

‘’ini baru 2 tahap, kita harus melewati tahap provinsi setelah ini, Semoga dapat melaju ke nasional,” harap Nisaini.

BACA JUGA  Gubernur Sumbar Dukung Pembangunan Maritim Center Sebagai Wahana Edukasi

Laila adalah siswa yang penuh semangat, cepat paham dan pantang menyerah. Untuk materi ekonomi kita juga mempelajari kembali koleksi soal- soal sebelumnya dan juga bekerjasama dengan guru agama untuk pembahasan soal terintegrasi agama,” tambah Nisaini.

Siswa yang ikut KSM merupakan siswa pilihan dan ajang ini merupakan masa mempersiapkan siswa untuk masuk perguruan tinggi. Melalui KSM tercipta siswa yang kritis, gigih dan berdaya saing sehingga relevan dengan tuntutan kurikulum sekarang ini.

Amri. J, Kepala MAN 2 Bukittinggi menyampaikan rasa bangga dan harapannya atas prestasi 3 orang siswa MAN 2 Bukittinggi pada hasil seleksi KSM 2022 tingkat kota Bukittinggi.

‘’Selamat semoga bisa melaju ke tahap selanjutnya. Jaga kesehatan dan fokus untuk belajar. Keikutsertaan siswa MAN 2 pada KSM setiap tahunnya sebagai wujud eksistensi kita sebagai bagian dari Kementerian Agama,” jelas Amri J.

Madrasah wajib mengirim peserta untuk menyukseskan program Dirjen Pendis yang telah dirintis dari tahun 2012 ini. melalui KSM akan lahir ilmuwan- ilmuwan hebat yang berlandaskan nilai- nilai Islam.

“Ajang KSM tidak sekedar persaingan namun juga sebagai masa pembentukan karakter Pancasila seperti pekerja keras, jujur, berdaya saing dan problem solver’,” jelas Amri.J. (Yuli/Syafrial)

Baca juga: KSM 2022 Tingkat Kota Padang Panjang Resmi Dimulai

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakPertama Kali dalam 18 Tahun, Arsenal Menang dalam 3 Laga Secara Beruntun
Artikulli tjetërSyofiar Syam Jadi Narasumber Kegiatan Konsolidasi Kebijakan Kota Tanggap Ancaman Narkoba