30 Penghulu dan Penyuluh Agama di Kab. Solok Ikuti Diklat

30 Penghulu dan Penyuluh Agama di Kab. Solok Ikuti Diklat
Koto Baru, SuhaNews. Sebanyak 30 orang ASN yang terdiri dari Penghulu dan Penyuluh Agama Islam dilingkup Kemenag Kab. Solok mengikuti Diklat Pelatihan Penasihatan dan Pelestraian Perkawinan yang digelar oleh Balai Diklat Keagamaan Padang, bertempat di aula Hubbul Wathan Kantor Kemenag Kab. Solok.

Diklat yang dibuka oleh kepala Kantor Kemnag Kab. Solok H. Alizar, Senin (1/2) lalu akan berlangsung hingga Sabtu (7/2) mendatang. Peserta adalah Penghulu dan Penyuluh Agama yang bertugas di kecamatan dan dipercaya memberikan penasihatan kepada calon pengantin.

Kepala Balai Diklat Keagamaan Padang yang diwaliki oleh oleh Kasi Diklat Tenaga Administrasi, Drs. M. Ermi Erbi mengatakan bahwa Diklat ini diadakan dalam rangka meningkatkan pelayanan Kementerian Agama kepada masyarakat khususnya tentang perkawinan.

Untuk itu melalui Balai Diklat, Kemenag menyiapkan SDM yang mampu mengarahkan dan memberikan penasihatan ca;on pengantin menuju rumah tangga Sakinah Mawaddah Warrahmah melalui pendidikan dan latihan ini.

Menutup laporannya Ermi mengatakan, selain narasumber, BDK juga sudah menyiapkan materi sebagai bekal bagi Penghulu dan Penyuluh dalam memberikan penasihatan kepada calon pengantin.

Menyambut yang disampaikan Kepala BDK, Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok, H. Alizar berharap setelah adanya pelatihan ini akan meningkatkan pelayanan penasihatan oleh KUA kepada masyarakat khususnya calon pengantin.

Alizar menyebut, pesatnya perkembangan informasi melalui teknologi membuat para anggota BP4 yang akan memberikan penasihat juga harus memperkaya pengetahuannya agar yang disampaikan tidak ketinggalan informasi. Selain itu perlu kiat dan trik dari Penghulu dan Penyuluh dalam menyampaikan materi penasihatan agar mencapai sasaran.

Menutup sambutannya H. Alizar berharap usai mengikuti diklat ini para Penghulu dan Penyuluh dapat menerapkan ilmunya didaerah tugas masing-masing, serta ikut mengangkat jumlah angka keluarga sakinah dengan menurunnya berbagai kasus dalam rumah tangga. Moentjak

BACA JUGA  Telaah DIPA Kemenag Kab. Solok, Optimalisasi Kinerja 2021

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...