81 Penghulu Dilingkup Kanwil Kemenag Sumbar Ikuti Uji Kompetensi

81 Penghulu Dilingkup Kanwil Kemenag Sumbar Ikuti Uji Kompetensi
Padang, SuhaNews – Sebanyak 81 Penghulu fungsional se Sumatera Barat mengikuti uji kompetensi kenaikan jenjang Jabatan. 32 orang diantaranya dari jenjang Ahli Pertama ke Ahli Muda, 49 orang dari Ahli Muda ke Ahli Madya.

Uji Kompetensi Penghulu ini dibuka Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, Doktor Helmi, didampingi Kepala Bidang Urais H. Edison dan SubKoordinator Kepenghuluan Syafalmart, Senin (27/6). Turut hadir, Tim Assesor SDM Aparatur Biro Kepegawaian Setjen Kemenag RI, Saipul Akbar dan Dean Erhan.

Dalam kesempatan itu, mengatakan peran Penghulu sangat strategis dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat seperti pencatatan perkawinan, pembinaan keluarga sakinah, penyelenggaraan layanan dan bimbingan masyarakat Islam, dan pembinaan hubungan baik dengan para ulama pemuka agama.

Sebagai pusat layanan di tingkat kecamatan mantan Kakan Kemenag Kabupaten Padang Pariaman dan Kabuapetn Solok ini Penghulu Uji Kompetensi untuk mengukur kemampuan dan keahlian penghulu.

“Jadikan uji kompetensi (Ukom) ini untuk mengukur diri dan mengembangkan kompetensi dan profesionalitas, karena jabatan fungsional penghulu ini adalah jabatan keahlian yang bersifat mandiri,” pinta Kakanwil

Dikatakan Kakanwil Kementerian Agama memiliki visi misi profesional dalam membangun masyarakat yang soleh, moderat, cerdas, dan unggul untuk Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, berkepribadian dan gotong royong.

“Yang perlu kita garis bawahi di sini adalah profesional. Ciri-ciri profesional itu setidaknya ada enam. Pertama profesional itu ditandai dengan kode etik. Kode etik itu tidak hanay dimiliki tetapi dilaksanakan dengan baik,” kata kakanwil.

Kedua, orang profesional itu ditandai dengan kemampuan tinggi. Tidak sama dengan orang amatiran, profesional itu memiliki wawasan, penguasaan fiqih munakahat.

Ketiga, memiliki tanggung jawab. Orang profesional memiliki tanggung jawab tidak lempar batu sembunyi tangan . “Kegiatan pernikahan dipimpin oleh penghulu, ketika ada masalah kita siap bertanggung jawab, jangan sampai itu tidak,” tegasnya.

BACA JUGA  ASN Kemenag Kab. Solok gelar Salat Gaib untuk Korban Gempa Cianjur

Keempat, orang profesional itu memiliki integritas. Arti dari kata integritas itu penyatuan antara yang ia pikirkan, ia katakan dan ia buat. Kemudian yang kelima lanjut Kakanwil, orang profesional itu akan memiliki perencanaan kerja yang baik. Bagaimana cara merencanakan kegiatan hari ini.

“Apalagi sebagai penghulu bapak bapak juga diberi tugas tambahan sebagai kepala KUA. memiliki tanggung jawab untuk mengelola mengatur SDM yang ada begitu juga tentang sumber daya lainnya ,” tuturnya.

Keenam, memiliki kemampuan untuk memotivasi. Pakar manajemen baik di Barat maupun di Timur hampir sepakat tugas yang berat itu bagaimana menggerakkan organisasi kita dan anggota yang kita pimpin, jelas Kakanwil

Kakanwil juga berharap kepada seluruh peserta uji kompetensi kenaikan jenjang jabatan fungsional ini agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati.

“Saya juga berharap kegiatan uji kompetensi ini bisa kita jadikan sebagai tolak ukur dan salah satu indikator dalam pengembangan kompetensi dan profesionalitas kita,”

Kepada tim asesor dan tim penguji tentu Kakanwil berhak untuk dapat memberikan penilaian yang profesional dan objektif.

Terakhir Kakanwil berharap pelayanan kepada masyarakat semakin baik karena Kemenag memiliki tujuh kebijakan prioritas salah satunya adalah revitalisasi KUA. Bagaimana KUA menjadi pusat pelayanan di tingkat kecamatan.

“Revitalisasi KUA itu jika diibaratkan ibarat sinyal itu unlimited tiada terbatas. Sehebat-hebatnya alat teknologi itu juga tergantung kepada manusia-manusia yang berada di belakangnya,” tukasnya.

Uji kompetensi ini dilaksanakan selama 2 hari dengan dua tahapan, ujian tertulis dan wawancara. Sebelum ujian dimulai Tim Assesor SDM aparatur Biro Kepegawaian Setjen Kemenag RI, Saipul Akbar dan Dean Erhan menyerahkan lembaran soal ujian yang masih bersegel kepada Kabid Urais diwakili SubKoordinator Kepenghuluan dan FBKS Syafalmart. Rina

BACA JUGA  Atlet Panjat Tebing Padang Panjang Gelar Latihan Perdana 2022

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakJamaah Gelombang 2 Disambut Makanan Yang Dimasak di Bandara Jeddah
Artikulli tjetërUsai Subuh Berjamaah, Walikota Solok Pimpin Rakor