9 Pelaku Usaha Mitra MAN 2 Bukittinggi Terima Sertifikat Halal

Bukittinggi, SuhaNews – Kakan Kemenag Kota Bukittinggi H. Eri Iswandi didampingi oleh Pendamping Proses Produk Halal Kota Bukittinggi M. Rum, Rosmiwati, Fatmawati dan kepala MAN 2 Bukittinggi, Amri J, menyerahkan sertifikat Halal kepada pelaku usaha yang menitipkan produknya di Kantin MAN 2 Bukittinggi, Senin (09/10).

Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi menyampaikan bahwa penyerahan sertifikat halal ini merupakan bentuk komitmen Kementerian Agama Kota Bukittinggi dalam percepatan Instruksi No 1 Tahun 2023 tentang Sertifikasi Halal Produk dan kantin di lingkungan satuan kerja Kementerian Agama. Instruksi yang terbit sejak 8 Februari 2023 itu dalam rangka percepatan implementasi sertifikasi halal produk dan kantin di lingkungan satuan kerja Kementerian Agama.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada MAN 2 Bukittinggi sebagai bagian dari Kementerian Agama yang dapat mengambil bagian dalam menyukseskan program ini dengan mensosialisasikan kepada para pelaku usaha yang menitipkan produk dagangannya agar memiliki sertifikat halal,” tuturnya

Kakan Kemenag kota Bukittinggi ini berpesan kepada pelaku usaha untuk menjaga komitmen halal, baik dari segi pengolahan maupun pemilihan bahan. Bagi pelaku usaha kuliner atau makanan sertifikat halal dapat menunjang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

‘’Kita mendorong para pelaku usaha agar mengurus sertifikat halal tersebut, namun sebelumnya para pelaku usaha diberikan pembekalan dari pendamping Proses Produk Halal. Kemenag kota Bukittinggi memfasilitasi para pelaku usaha yang ingin mendapatkan sertifikat halal dengan prosedur yang sangat mudah. Sehingga para pelaku usaha memahami tentang pentingnya menyediakan produk halal bagi konsumen. Ada banyak sekali manfaat dari sertifikat halal ini seperti dapat menunjang kualitas produk yang dihasilkan, meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan memiliki branding tersendiri,” ungkapnya.

Kepala MAN 2 Bukittinggi Amri J menyampaikan bahwa dengan diterimanya sertifikat halal untuk pelaku usaha yang menitipkan produknya di kantin MAN 2 Bukittinggi dapat memberikan kelegaan bagi konsumen kantin madrasah. Selain itu juga sebagai bentuk komitmen madrasah dalam menyukseskan program halal dari kementerian agama Republik Indonesia.

BACA JUGA  Terima Kunjungan Pemprov Sulawesi Selatan, Kota Pariaman Perlu Berbenah

‘’Sertifikat halal yang diajukan ada 18, alhamdulilah pada hari ini Senin (09/10) sudah bisa diserahkan langsung oleh bapak Kankemenag dan Pendamping Proses Produk Halal Kota Bukittinggi sebanyak 9 sertfikat. Untuk 9 lagi kita masih menunggu karena ada beberapa perbaikan. Insyaallah dalam waktu dekat semua pelaku usaha yang bekerjasama dengan kantin madrasah akan mendapatkannya. Keberadaan siswa kita yang saat ini hampir seribu sangat menunjang jual beli pada kantin terutama dalam bentuk produk makanan, oleh karena itu madrasah harus memenuhi standar halal. Halal ini juga sudah mencakup kebersihan mulai dari bahan baku, pengolahan hingga penyajian. Sehingga makanan halal itulah yang terbaik untuk tubuh kita.’’ungkapnya. (Yuli/Syafrial).

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -