Piala AFF U-19 2024: Hajar Timor Leste 6-2, Timnas Indonesia U-19 ke Semifinal

SuhaNews – Timnas Indonesia U-19 berhasil berhak lolos ke semifinal sebagai juara grup  usai menghajar Timnas Timor Leste U-19, dengan skor 6-2 pada pertandingan terakhir grup A Piala AFF U-19 2024, Selasa (23/7) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Gol kemenangan Garuda Nusantara dicetak oleh sepasang gol Jens Raven, dan masing-masing satu gol dari Figo Dennis, Kadek Arel, Arkhan Kaka dan Muhammad Kafiatur. Sementara Timor Leste memperkecil kedudukan berkat penalti Ricardo Rorinho dan gol Alexandro Bakhito.

Baca juga: Piala AFF U-19 2024: Timnas Indonesia Kalahkan Kamboja 2-0

Babak Pertama

Pertandingan ini berjalan dengan sengit. Kedua tim sama-sama tampil terbuka di awal pertandingan.

Skuad Indra Sjafri sukses membuka keunggulan di menit ke-19. Jens Raven berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah ia berhasil meneruskan bola ke kotak penalti memanfaatkan sepak pojok Kafiatur. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Namun tidak lama berselang, Timor Leste mendapatkan penalti. Pasalnya Alexandro Felix Kamuru menjatuhkan Alexandro Bahkito di kotak terlarang sehingga wasit menunjuk titik putih. Ricardo Rorinho yang menjadi algojo sukses melakukan tugasnya sehingga skor kembali sama kuat 1-1.

Lima menit berselang, Timnas Indonesia U-19 kembali unggul. Berawal dari umpan silang Kafiatur, Jens Raven berhasil lolos dari jebakan offside dan menceploskan bola ke gawang Timor Leste. Indonesia unggul 2-1 di laga ini.

Gol tersebut membuat Timnas Indonesia semakin percaya diri untuk menyerang. Di masa injury time, kedudukan berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan Timnas Indonesia setelah tendangan Figo Dennis dari kotak penalti mengenai mistar gawang Timor Leste lalu bola pantulannya masuk ke gawang. Skor 3-1 bertahan hingga turun minum.

BACA JUGA  Tertinggal 3-0, Warga Indonesia di Stadium Singapore Tetap Semangati Timnas

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-19 tidak mengendorkan serangan. Anak asuh Indra Sjafri itu langsung tampil menekan sejak awal.

Piala AFF U-19 2024: Hajar Timor Leste 6-2, Timnas Indonesia U-19 ke Semifinal 1Baru enam menit babak kedua dimulai, Indonesia memperlebar kedudukan menjadi 4-1. Kali ini sepak pojok Muhammad Kafiatur berhasil disundul dengan sempurna oleh Kadek Arel.

Tiga menit berselang, Indonesia kembali mencetak gol. Memanfaatkan umpan dari Jens Raven, Arkhan Kaka mampu melepaskan tembakan yang membobol gawang Timor Leste. Skuad Garuda unggul 5-1 atas sang tetangga.

Meski sudah mencetak lima gol, Timnas Indonesia masih bernafsu untuk mencetak gol. Di menit ke-57, Kafiatur berhasil melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang mampu mengoyak gawang Timor Leste. Indonesia unggul 6-1 di laga ini.

Meski tertinggal lima gol, Timor Leste tidak menyerah begitu saja. Mereka terus mencoba untuk mengejar ketertinggalan dari Indonesia.

Di menit ke-86, Timor Leste berhasil mencetak gol kedua di laga ini. Alexandro Bakhito melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti yang gagal dihalau Ikram Algiffari. Skor berubah menjadi 6-2 masih untuk keunggulan Indonesia.

Di sisa pertandingan, kedua tim mencoba untuk mencetak gol tambahan. Namun skor 6-2 bertahan untuk kemenangan Skuad Garuda.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19: Ikram Algiffari; Kadek Arel Priyatna, Muhammad Iqbal Gwijangge, Sulthan Zaky, Alexandro Felix Kamuru Rizdjar Nurviat; Welber Jardim, Figo Dennis, Muhammad Kafiatur; Jens Raven, Muhammad Ragil.

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas Timor Leste U-19: Alexandre Oscar; Rui Juman, Carol Waitilia, Aureo Viera, Ricardo Rorinho; Palomito Antonio, Leonio Quilton, Marques de Carvalho; Alexandro Bahkito, Vabio Canavaro, Ario Melio

Pelatih: Eduardo Pereira

Baca juga: Piala AFF U-19 2024: Malaysia Cukur Habis Brunei Darussalam 11-0

BACA JUGA  Ketua Ekonomi Kreatif Agam Buka Pameran Produk UMKM di Riau

Sumber: bola.net

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -