Siswa SDN 03 Koto Baru Semarakkan Pekan Literasi di Perpustakaan Daerah

Koto Baru, SuhaNews – Dalam rangka meningkatkan minat baca dan literasi sejak dini, seluruh siswa SDN 03 Koto Baru mengikuti program kunjungan ke Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Solok.

Kegiatan yang berlangsung selama seminggu penuh, mulai dari tanggal 1 hingga 8 Agustus 2024 ini, melibatkan siswa dari berbagai tingkatan kelas. Semarak Pekan Literasi “Menumbuhkan Generasi Emas Bangsa yang Cerdas dan Berkarakter”.

Pada Selasa, 6 Agustus 2024, giliran siswa kelas III yang antusias mengikuti rangkaian kegiatan pekan literasi. Didampingi oleh Wali Kelas Nini Marlina, S.Pd dan Indra Yuliandi, S.Pd para siswa aktif mengikuti berbagai kegiatan menarik.

Salah satu daya tarik utama kegiatan ini adalah dongeng yang dibawakan oleh Kak Elsa, seorang pustakawan. Cerita-cerita menarik yang disajikan berhasil memikat perhatian siswa. Selain itu, kehadiran mahasiswa KKN Universitas Andalas yang mengajarkan bahasa Inggris juga menambah semarak acara.

SDN 30 Koto Baru
Siswa siswi Kelas III SDN 03 Koto Baru

Selain itu siswa siswi mengikuti kuis seru, bernyanyi bersama, hingga mendapatkan reward atas partisipasi aktif mereka.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program penguatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Solok. Tujuannya adalah untuk memberikan akses yang lebih luas bagi masyarakat, terutama anak-anak, terhadap buku dan sumber belajar lainnya.

Salah seorang siswa kelas III, Shadiq mengungkapkan kegembiraannya mengikuti kegiatan ini. “Seru sekali belajar di perpustakaan. Saya suka mendengarkan dongeng dan belajar bahasa Inggris,” ujarnya dengan semangat.

Kepala SDN 03 Koto Baru, Erma Suryani, S.Pd.I, berharap program kunjungan ke perpustakaan ini dapat menumbuhkan kecintaan siswa terhadap membaca dan literasi.

“Dengan sering mengunjungi perpustakaan, diharapkan siswa dapat mengembangkan minat baca, memperkaya pengetahuan, dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi,” tutur Erma.

Program kunjungan ini sejalan dengan program perpustakaan daerah yang fokus pada penguatan transportasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Melalui program ini, diharapkan semakin banyak masyarakat, terutama anak-anak, yang dapat mengakses buku dan berbagai sumber belajar lainnya.

BACA JUGA  405 ASN Pemkab Agam Terima Satyalancana Karya Satya

Program kunjungan ke Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Solok ini telah berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa SDN 03 Koto Baru. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga menumbuhkan kecintaan terhadap buku dan literasi. Nini

Baca Juga : MGMP PPKn MTs se Kabupaten dan Kota Solok Bahas IKM

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -