IWAPI Pesisir Selatan Gelar Pelatihan Sertifikasi Ahli SMK3 bagi Kaum Perempuan

Pesisir Selatan, SuhaNews – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Pesisir Selatan bekerjasama dengan Lembaga Sertifikat Profresional (LSP) Astikindo Padang mengadakan kegiatan Pelatihan Sertifikasi SKK (Sertifikat Kompetensi Kerja) dengan keahlian Sertifikat Manajemen K3, selama dua hari, 11 s/d 12 September 2024 di Hotel Triza.

Pelatihan yang mengangkat tema “Kita Wujudkan Perempuan Indonesia yang Maju dan Mandiri” ini diikuti oleh 20 orang peserta yang merupakan perempuan pencari kerja.

Baca juga: IWAPI Sawahlunto Siap Bantu UMKM Mendaftar Masuk E-Katalog

Pelatihan ini merupakan kolaborasi IWAPI Pesisir Selatan bersama  Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT) dalam program Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial untuk Infrastruktur (GESIT).

“Pelatihan ini untuk memberi bekal kepada para perempuan ini saat mencari pekerjaan, agar lebih mampu bertindak untuk keselamatan kerja, serta mampu menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang baik,” ujar Sekdakab Pesisir Selatan, Mawardi Roska.

Peserta pelatihan, ujar Mawardi Roska, untuk tidak menunggu sebagai tenaga honorer atau P3K namun menjadi calon-calon konsultan mandiri dalam dunia kontruksi insfrastruktur.

“Perbanyak jaringan komunikasi bersama konsultan-konsultan penyedia jasa kontruksi agar dapat meningkatkan keterampilan sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja saat ini,” tambah Mawardi Roska.

Ketua DPC IWAPI Kabupaten Pesisir Selatan, Cici Gamiaci, menyatakan  bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perempuan dalam memahami dan mengenali potensi bahaya di tempat kerja serta cara-cara untuk menghindarinya, sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan kerja. Hal ini dibuktikan dengan memiliki Sertifikat SKK Ahli-SMK3.

Narasumber sekaligus Tim Asesor LSP Astekindo dalam pelatihan Sertifikat SKK Ahli-SMK3 M. Dien mengatakan ini adalah kali kedua IWAPI berkerja sama dengan LSP Astekindo.

“Sebelumnya ada Pelatihan pengambilan SKK Jalan dan Bangunan Gedung dan sekarang pelatihan Sertifikat SKK Ahli-SMK3 ini,” ujar M. Dien .

BACA JUGA  Jelang Piala Eropa 2024: Belanda Cukur Kanada 4-0

Pelatihan ini sangat dibutukan oleh para pencari kerja dalam memulai karir di dunia jasa kontruksi dan sertifikasi ini adalah sebagai bukti bawahsanya mereka siap bersaing di dunia kerja. Wewe

Baca juga: Pengurus IWAPI Kota Pariaman Dikukuhkan oleh Wako Genius Umar

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -