LDS Kubung Gelar Didikan Subuh Gabungan di Tanjung Bingkung

SuhaNews – Pengurus Lembaga didikan Subuh (LDS) Kecamatan Kubung melaksanakan agenda rutin satu kali sebulan yaitu pelaksanaan didikan subuh gabungan MDTA-TPQ Se Kecamatan Kubung di MDTA Darianis Yatim Nagari Tanjung Bingkung pada Ahad / 13 Oktober 2024 dimulai pukul 05.30 sesudah shalat subuh sampai pukul 08.00 WIB.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 MDTA-TPQ yang bergabung, dengan jumlah santri 300 orang. Hadir dalam kesempatan ini, Kepala KUA Kecamatan Kubung yang diwakili oleh Penghulu Kecamatan Kubung Irman, S.Ag, Pengurus LDS Kec. Kubung, Penyuluh Agama Madya Kecamatan Kubung dan majelis guru pembina didikan subuh MDTA-TPQ Se Kecamatan Kubung.

Hadi Sulman, S.Ag (Penyuluh Agama Madya di wilayah Kec. Kubung) bersama Desla Fitra, S.Hum (Penyuluh Agama Pertama /PPPK Kec. Bukit Sundi) telah bekerjasama dalam membuat susunan acara untuk 10 MDTA yang akan bertugas pada bulan genap ini, mulai dari pembawa acara, pembaca Alqur’an, mars, janji dan ikrar didikan subuh, pidato pendek, hafalan do’a, hafalan hadits, nasyid islami sampai pembaca do’a penutup.

Kegiatan didikan subuh gabungan ini merupakan agenda yang berkelanjutan dan tetap komit dilaksanakan oleh pengurus LDS Kec. Kubung sejak Tahun 2001 silam yang tetap dibina oleh Hadi Sulman , S.Ag Penyuluh Agama Madya Kantor Kementeran Agama Kab. Solok, dimana didikan subuh santri MDTA Kec. Kubung merupakan salah satu kelompok binaan, demikian informasi sekretaris LDS Hadi Sulman, S.Ag

Ketua LDS Kec. Kubung MHD. Thantawi, S.Pd menyatakan bahwa didikan subuh gabungan MDTA-TPQ 1 x sebulan ini merupakan program prioritas LDS untuk periode kepengurusan 2023-2025. Adapun MDTA-TPQ yang aktif ini mendapat giliran sebagai tuan rumah 1 x dalam 2 tahun. Disamping itu juga dilaksanakan program wisata religi dan wisata alam.

BACA JUGA  Jalur Sumbar - Riau Putus, 1 Mobil Terseret Longsor

Lebih lanjut ungkap Mhd Thantawi, kegiatan ini merupakan swadaya murni dari guru, santri dan masyarakat, seperti transportasi ke lokasi kegiatan dan biaya snack atau makanan dalam pelaksanaan acara. Alhamdulillah segenap lapisan masyarakat ikut membantu suksesnya kegiatan ini, baik secara moril dan materil, semoga menjadi bagian ibadah bagi kita semua. Untuk kegiatan bulan ini ada perubahan yang dibuat atas ide ust Rafnaladi guru MDTA Masjid Jamik Panyakalan yang baru bergabung, yaitu membuat realis kegiatan ke dalam youtube, yang bisa diketahui melalui dunia maya.

Kepala KUA Kec. Kubung, Almaturidi, S.Hi. MH dalam kesempatan terpisah tetap memberikan motifasi dan semangat kepada pembina didikan subuh dan santri untuk tetap melaksanakan didikan subuh agar bisa mempertahankan semaraknya kegiatan keagamaan di Kecamatan Kubung, sementara itu Irman, S.Ag yang mewakili kepala KUA menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan keagamaan ini dan menghimbau agar majelis guru tetap menjaga kebersamaan, menjaga anak didik dari faham yang menyesatkan, agar berpatisipasi mempersiapkan anak didik yang akan ikut dalam MTQN ke 40 Kabupaten Solok yang akan dilaksanakan bulan Desember 2024 di Nagari Singkarak.

Terpisah, H. Zulkifli, S.Ag. MM sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan keagamaan ini dan memberikan amanatnya agar pengurus berupaya mendidik santri didikan subuh menjadi orang yang cerdas dan pintar dengan memiliki dan memenuhi setidaknya 3 persyaratan, yaitu memiliki ilmu yang tinggi, memiliki akidah yang kuat serta berakhlak mulia.

Zaman dan tantangan semakin hari semakin berubah dan berkembang, untuk itu persiapkan diri santri dengan ilmu pengetahuan yang dilandasi agama yang kuat serta punya akhlak yang mulia, jangan sampai tergilas oleh kemajuan teknologi, manfaatkan teknologi ke arah yang positif dan bermanfaat Sulman | Fendi

BACA JUGA  2 Ekor Gajah Muncul di Hutan Lindung Silokek Geopark Sijunjung

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -