Apel Hari Santri Nasional Kabupaten Agam 2024: Ribuan Santri Ikuti Upacara di Tilatang Kamang

Tilatang Kamang, SuhaNews – Sebanyak 1000 santri yang ada di Kabupaten Agam mengikuti apel peringatan Hari Santri 2024 tingkat Kabupaten Agam, di Lapangan Pondok Pesantren Asy Syarif Sidang Koto Laweh Tilatang Kamang, Selasa (22/10).

Bertindak sebagai Pembina Apel, Pjs. Bupati Agam Dr. Hendrizal dan dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Agam Dr. Thomas Febria, MA dan Forkopimda serta Kepala OPD Kabupaten Agam, Camat Tilatang Kamang, Forkopimcam, Kepala Madrasah, Kepala KUA se- Kabupaten Agam, Pimpinan Pondok Pesantren dan undangan lainnya.

Apel Hari Santri Nasional Kabupaten Agam 2024: Ribuan Santri Ikuti Upacara di Tilatang Kamang

Pjs.  Bupati Agam Hendrizal membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia yang diawali dengan penetapan Keputusan Presiden tentang Penetapan Hari Santri sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada Santri yang ikut berjuang merebut dan mempertahakankan Kemerdekaan negara ini.

“Hari Santri yang kita peringati setiap tanggal 22 Oktober adalah momentum bagi kita semua untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah.

Salah satu bukti perlawanan santri terhadap para penjajah adalah peristiwa “Resolusi Jihad” pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari.

Dalam fatwa “Resolusi Jihad” itu Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari menyatakan bahwa “…berperang menolak dan melawan penjajah itu fardlu ‘ain (yang harus dikerjakan oleh tiap-tiap orang Islam, laki-laki, perempuan, anak-anak, bersenjata atau tidak) bagi yang berada dalam jarak lingkaran 94 km dari tempat masuk dan kedudukan musuh.”

Apel Hari Santri Nasional Kabupaten Agam 2024: Ribuan Santri Ikuti Upacara di Tilatang Kamang

Disampaikan juga, Sejak Resolusi Jihad dimaklumatkan, para santri dan masyarakat umum terbakar semangatnya untuk terus berjuang dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mereka terus melakukan perlawanan kepada penjajah tanpa rasa takut. Hingga akhirnya, pecah puncak perlawanan masyarakat Indonesia pada tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan.

BACA JUGA  Pondok Pesantren Darul Ulum Padang Magek Gelar Doa Bersama dan Ziarah Makam

Peristiwa Resolusi Jihad tanggal 22 Oktober 1945 tidak bisa dipisahkan dengan peristiwa 10 November 1945. Tanpa adanya peristiwa Resolusi Jihad, belum tentu terjadi peristiwa 10 November.

Pada peringatan Hari Santri Tahun 2024 ini Kementerian Agama mengusung tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”.

Tema ini mengingatkan kita pada salah satu bait dalam kitab Alfiyyah Ibnu Malik yang berbunyi: افذخام اذإ بارعلْا ف هنع # افلخ تأي فاضملا لِيامو

Apel Hari Santri Nasional Kabupaten Agam 2024: Ribuan Santri Ikuti Upacara di Tilatang Kamang

Menutup amanatnya, Hendrizal atas nama Pemerintah Kabupaten Agam mengucapkan selamat pada para Santri di Kabupaten Agam dan Indonesia, semoga semangat juang yang membidani lahirnya Hari Santri terus terpatri dalam diri para santri.

Apel ini ditutup dengan Pengumuman Juara Lomba Antar Pondok Pesantren se-Kabupaten Agam dalam rangka hari santri yang diselenggarakan di ponpes Asy Syarif Sidang Koto Laweh Tilatang Kamang. Rahmat

Baca Juga :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -