Tim Penilai ,Terkesan Dengan Desa Kubang Tangah Sawahlunto

SuhaNews – Tim penilai Lomba Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Regional I Tahun 2022 mengaku terkesan saat melakukan kunjungan verifikasi lapangan ke Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar.

Ketua tim penilai dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri tersebut yaitu Kepala Subdirektorat Evaluasi Perkembangan Desa Wilayah I Andi Yuliarmiangsyah Razmi, pada Jum’at 28 Oktober 2023 mengatakan dari pandangan pertamanya begitu memasuki Desa Kubang Tangah adalah sesuai dengan apa yang sebelumnya dipresentasikan oleh Kepala Desa pada tahapan lomba sebelumnya di Jakarta.

“Ini poin pertamanya sudah dapat, bahwa dalam laporan yang disampaikan untuk bahan lomba dengan realita di lapangan itu sesuai. Artinya nilai kejujuran dan transparansi terjaga dengan baik di Desa Kubang Tangah ini,” kata Yuliarmiangsyah Razmi.

Razmi menyebut untuk verifikasi dari laporan dan presentasi Kepala Desa Kubang Tangah, pihaknya melakukan kunjungan ke lokasi dan wawancara pada stakeholder (pemangku kepentingan) terkait.

“Ada beberapa materi yang dalam presentasi dan laporan sebelumnya tidak terlalu diangkat, namun bagi kami bagus dan perlu diapresiasi secara khusus. Hal itu diantaranya adalah tadi kami mendengar bahwa di desa ini dibangun Sekolah Luar Biasa (SLB) dengan sumbangan dari Pemerintah Desa bersama masyarakat,” kata Razmi.

Disampaikan Razmi, dalam lomba itu dari regional Sumatera hanya ada lima provinsi yang lolos ke tingkat nasional, salah satunya Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Desa Kubang Tangah Kota Sawahlunto.

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti yang mendampingi tim penilai menyebut Desa Kubang Tangah dibawah kepemimpinan Kepala Desa Rice memang terus menunjukkan berbagai prestasi dan inovasi, sehingga pembangunan dan pelayanan di desa itu semakin baik.

“Kita dari Pemko juga selalu mendukung baik secara kebijakan maupun program kerja. Ini dari kesadaran bahwa pemerintah desa merupakan ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga Pemko Sawahlunto sesuai visi misi berkomitmen dan konsisten membantu pemerintah desa dan kelurahan,” ujar Wawako Zohirin Sayuti menjelaskan.

BACA JUGA  Antarkan Semen, Wabup Tanah Datar, Zuldafri Darma Jadi Sopir L-300

Disampaikan Wawako Zohirin Sayuti, mengikuti perlombaan ini juga menjadi momen evaluasi dan melihat referensi dari desa-desa lain di Indonesia yang mengikuti lomba tersebut.

“Memang harapan dalam berlomba untuk dapat juara. Namun selain itu ada manfaat lain yang tidak kalah penting yaitu bagaimana pemerintah pusat ikut mengevaluasi dan memberikan saran bagaimana Desa Kubang Tangah bisa semakin baik dan berkualitas,” kata Wawako Zohirin Sayuti.

Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kenagarian Kubang Afrizal Suki Lenggang Sati yang turut menghadiri kunjungan tim penilai itu menyebut dari pihak lembaga adat memberikan dukungan, pengawasan dan pendampingan bagi Pemerintah Desa Kubang Tangah.

“Kami memberi nilai positif pada Kepala Desa Rice ini, meski pun berusia muda namun mampu menjalin koordinasi yang baik kepada berbagai lembaga dan organisasi, termasuk dengan KAN. Kehadiran KAN dalam bersinergi dengan pemerintah desa berjalan baik, sehingga jika kami ada saran atau kritik itu diterima dengan baik dan selalu dicarikan tindak lanjut sampai solusinya,” kata Afrizal Suki Lenggang Sati.

Sementara Kepala Desa Kubang Tangah Rice menyampaikan salah satu inovasi yang dilaksanakan pihaknya adalah membebaskan pajak dari lahan-lahan pertanian dan perkebunan warga dengan tujuan memberi motivasi kepada warga untuk menggarap lahan tersebut.

“Sementara untuk prestasi yang telah dicapai, yang terbaru itu adalah Juara I Lomba Adikarya Pangan Nusantara Tingkat Kota Sawahlunto. Sementara untuk status desa dari ukuran Indeks Desa Membangun (IDM) yakni berkembang dengan hasil evaluasi cepat berkembang,” kata Rice.

Rice menyebut partisipasi unsur terkait dan masyakarat termasuk tinggi di Desa Kubang Tangah sehingga program-program inovasi Pemerintah Desa dapat diterima dan berjalan dengan baik.

“Tentunya semua gerakan dan inovasi yang berhasil dilaksanakan Pemerintah Desa Kubang Tangah adalah dengan dukungan dari unsur-unsur terkait seperti BPD, LPM, KAN, Babinkamtibmas dan Babinsa, serta organisasi pemuda/masyarakat. Dan yang paling penting adalah partisipasi dari masyarakat desa, untuk itu semua prestasi ini kami persembahkan untuk warga Desa Kubang Tangah,” kata . Rel

BACA JUGA  Bupati Agam Buka Pelatihan Peningkatan SDM Bacaleg Perempuan

Baca juga :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -