Agam Usulkan Jalan Simpang Gudang Manggopoh Jadi Jalan Nasional

Agam Usulkan Jalan Simpang Gudang Manggopoh Jadi Jalan Nasional
SuhaNews, – Di pindahkan Kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat usulkan ruas Jalan Simpang Gudang Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung-Simpang Padang Lua, Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam Kewenangang Provinsi Sumatera Barat dipindahkan kewenangannya jalan nasional. 

Hal itu dijelaskan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Rinaldi, SP Dt. Rajo Mangkuto kepada wartawan kegiatan reses perorangan di SMA Negeri 1 Tanjung Raya, Kabupaten Agam Sabtu (27/6/20). Pemda Sumbar dan Pemda Agam berharap usulan ini disikapi pusat secepatnya, pengembangan status jaln itu jadi jalan nasional mendukung peningkatan perekonomian masyarakat.

Dikatakan Rinaldi, SP Dt. Rajo Mangkuto, subsatansi utama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat itu, adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sepanjang jalan daerah yang dilalui, memiliki potensi besar memicu peningkatan perekonomi masyarakat, bila ruas jalan ini dipanjatkan jadi jalan nasiona.

Danau Maninjau, tidak asing lagi ditingkat nasional, dan macanegar. Danau temasuk 15 danau besar di RI ini, dapat dikembangkan berbagai ragam menghidupkan perekonomian masyarakat. Danau Maninjau diaplikasi sebagai pusat perekonomian masyarakat dengan konsep argo wisata yang dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan daerah, kata Rinaldi.

Program kedepan Kawasan Danau Maninjau dikembangkan menerapkan konsep geopark berpilarkan dengan konsep konservasi, edukasi dan pemanfaatan ekonomi lokal mengembangkan geowisata. Konsep itu membentuk kawasan danau menjadi terjaga sebagai warisan geologi dengan kekayaan budaya, flora dan fauna di sekitarnya, diantaranya bunga raflesia.

Sebelumnya anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Ismunadi menjelaskan di Hotel Maninjau mejelaskan, langkah yang akan ditempuh, membuka resensi pemikiran pembangunan jalan Kelok 44 Maninjau dengan kontruksi Jalan Layang (Fly Over).

Bangunan Fly Over, bukan bertujuan ingin meninggalkan perkampungan selama ini dilalui kendaraan, tapi bertujuann, agar hubungan lalulintas lancar, semua jenis kendaraan dapat masuk ke Maninjau, dan terus ke Lubuk Basung. Membangun jalan layang, jalan sebelumnya tetap dipelihara, sebagai jalan wisata. Wisatawan dapat melewati jalan tersebut untuk menikmati keindahan alam dikawasan itu tanpa ada gangguan.

BACA JUGA  Pemko Padang Ikuti Dialog Nasional Pra Munas VI APEKSI Bersama Mendagri dan KPK

Konsep jalan layang, bertujuan, agar kendaraan besar dapat masuk menuju Maninjau, yerus ke Lubuk Basung, atau sebaliknya, kendaraan besar masuk dari Lubuk Basung Ibukota Kabupaten Agam, keluar di Simpang Padang Lua, terang IsmunandiIsmunandi.

Editor: Lim Sumber: marapipost. com

Baca juga :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaJelang Turun ke Sawah, Masyarakat Lubuk Gobing Laksanakan Nazar Tahunan
Artikel berikutnyaLakukan Pencurian, Residivis Diamankan Tim Gagak Hitam Polres Padang Pariaman