ASN Kemenag Bukittinggi Jadi Narasumber Kegiatan BINTAL di KPPN

ASN Kemenag Bukittinggi Jadi Narasumber Kegiatan BINTAL di KPPN
Bukittinggi, SuhaNews. H. Syamsul Bahri, S.HI, MA, ASN Kantor Kemenag Bukittinggi bertindak sebagai narasumber Bina Mental (Bintal) yang dilaksanakan Kantor Pelayanan Perbendaharaan (KPPN) Bukittinggi) Kamis, 23 Januari 2020.

Kegiatan Pembinaan Mental dalam rangka meningkatkan Integritas dalam menjalan tugas dan fungsi tersebut di ikuti unsur Pimpinan bersama seluruh karyawan/i di lingkungan KPPN Bukittinggi.

Kepala KPPN Bukittinggi Hendri Rulinson Purba dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sehubungan dengan Nota Dinas Sekretaris Jenderal Perbendaharaan Nomor ND-03/BINTALNAS.01/2019 perihal Pelaksanaan Pembinaan Mental Nasional (Bintalnas) pada Kanwil dan KPPN untuk meningkatkan Integritas ASN dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Acara ini akan menjadi agenda rutin bulanan agar seimbang antara pekerjaan dengan pemenuhan kebutuhan rohani,” kata Hendri (kepala KPPN Bukittinggi) dalam sambutannya mengawali acara Bintal tersebut.

H. Syamsul Bahri (JFU Bimas Islam Kankemenag Kota Bukittinggi) dalam ceramah dan tanya jawab yang berlangung di aula KPPN tersebut mengungkapkan beberapa hal terkait dengan pentingnya memahami bahwa pekerjaan adalah sebagai amal shaleh yang luar biasa nilainya disisi Allah SWT.

Dikutip dari Ibnu Taimiyah, bahwa Ibadah itu mencakup segala ucapan dan perbuatan yang baik, yang dilakukan karena Allah. Selama ada anjuran atau perintah nya dari Allah dan Rasul. Atau tidak melakukan sesuatu karena dilcegah stay dilarang oleh Allah dan Rasul.

Lalu cara mengerjakannya sesuai tuntunan Allah dan Rasul-Nya. Dan niat nya semata-mata dipersembahkan kepada Allah SWT. Maka semua ucapan, perbuatan dan pengaduan, serta dharmabakti kita adalah ibadah. Ibadah mencakup perbuatan (amaliyah), ucapan (qauliyah), hati (qalbiyah) dan harta (maaliyah).

Dalam hal pemanfaatan harta, H. Syamsul Bahri dihujani berbagai pertanyaan dan tanggapan yang alot, tentang diskusi seputar Zakat dan Wakaf. Di sisi lain, masalah utang-piutang dan beda Riba dengan Jual Beli, juga dikaji secara detail.

BACA JUGA  Perantau Boleh Mudik, Setelah PSBB III Berakhir,

Kegiatan yang dimulai pukul 16.00 WIB itu tersebut selesai hampir bertemu maghrib, karena antusias peserta mengikutinya dari awal sampai akhir kemudian acara diakhiri dengan doa bersama.

Kakankemenag Bukittinggi melalui Kasi Bimas, Gazali menyatakan mendukung kegiatan yang di laksanakan KPPN tersebut.

“Kemenag siap membantu terlaksananya kegiatan Bintal di KPPN ini apalagi selama ini sudah terjalin kerjasama dengan pensiunan KPPN dalam bentuk pengajian. Kedepan untuk narasumber dari Kemenag termasuk Penyuluh Agama ataupun Penghulu insyaAllah bisa membantu kesuksesan Bintal di berbagai instansi Pemerintah maupun swasta, apalagi di KPPN Bukittinggi,” tuturnya.

reporter : Yal  editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaCupak Baralek Gadang, Fatmi Bahar Dt. Tuo Jadi Wali Nagari
Artikel berikutnyaSerah Terima Aset, Bundo Kanduang Arak Wali Nagari Aie Batumbuek