BAKTI Kemenkominfo Terkesima Sistem e-Payment Diskominfo Padang

BAKTI Kemenkominfo Terkesima Sistem e-Payment Diskominfo Padang
SuhaNews– Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kemenkominfo) terkesima dengan sistem e-payment yang telah dibangun Diskominfo Padang. Hal ini terlihat saat rombongan dari BAKTI Kemenkominfo beserta Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) mengunjungi Pemerintah Kota Padang, Selasa (7/12/2021).

“E-Payment yang dibangun sangat bagus, apalagi sistem ini sudah menerapkan pembayaran retribusi dengan menggandeng bank daerah, tentunya memudahkan operator untuk membayar retribusi,” kata Kepala Divisi SDM dan Humas BAKTI Kemenkominfo, Sudarmanto di depan undangan yang hadir di ruang Abu Bakar Jaar, Balai Kota Padang.

Baca juga: Diskominfo Kota Pariaman Gelar Bimtek Network Security

Kunjungan BAKTI Kemenkominfo dan DJA ke Pemko Padang untuk melihat pengaplikasian digitalisasi di pemerintahan setempat. Rombongan yang hadir di antaranya seperti Analis Anggaran Ahi Madya Direktorat Sistem Penganggaran DJA, Ahmad Irsan, Kepala Seksi Direktorat Anggaran Bidang Polhukhankam DJA, Prastiawan, dan lainnya. Pada kesempatan itu, rombongan juga sempat mengunjungi ruang Padang Command Center (PCC) milik Diskominfo.

“Menarik, semuanya dapat terlihat jelas,” ujar Sudarmanto saat menunjuk sistem e-Payment yang terpapampang jelas di dashboard ruang PCC Diskominfo.

Sudarmanto menyampaikan terima kasih kepada Diskominfo Padang yang telah menerima kedatangannya berserta rombongan. Menurutnya, pemaparan yang dilakukan oleh Kepala Diskominfo Padang Rudy Rinaldy telah menggambarkan kemajuan digitalisasi di Padang

“Tadi telah dipaparkan kemajuan digital yang cukup baik dan patut kita contoh, di lain hari kita bisa belajar,” ungkapnya.

Baca juga: Tim Visitasi Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Sumbar Kunjungi Diskominfo Solok Selatan

Sementara itu, Analis Anggaran Ahi Madya Direktorat Sistem Penganggaran DJA, Ahmad Irsan mengakui bahwa Kota Padang saat ini sudah cukup banyak kemajuan. Terutama kemajuan di bidang infrastruktur dan keahlian. Serta penghargaan yang diraih Kota Padang dalam waktu belakangan ini.

BACA JUGA  Kasus Konfirmasi Covid-19 Kabupaten Solok Kembali Bertambah 7 Orang

“Prestasi Kota Padang akan kami jadikan suri tauladan,” akunya.

Disebutkan Irsan, kunjungan tim ke Kota Padang sebenarnya dilandasi oleh beberapa hal. Seperti informasi yang diperoleh bahwa pemanfaatan TIK dan digitalisasi di Padang selama kurun waktu dua tahun belakangan ini cukup menakjubkan. Bahkan telah bergeser dari level low menjadi medium high.

“Sebab itu tim datang ke sini untuk mencari tahu dan membuktikannya langsung, apa sebenarnya yang dilakukan Pemko Padang di bidang transformasi digital dan pemanfaatan IT secara umum,” ucapnya.

Kepala Diskominfo Padang Rudy Rinaldy mengaku senang mendapat kunjungan dari BAKTI Kemenkominfo dan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA). Dalam kesempatan itu Rudy Rinaldy sempat memaparkan digitalisasi yang telah dilakukan Pemko Padang. Menurutnya, digitalisasi yang saat ini dijalankan mendapat dukungan penuh dari Wali Kota Padang serta seluruh OPD di lingkup Pemko Padang.

“Bahkan inovasi yang diciptakan oleh OPD di Pemko Padang, beberapa di antaranya merupakan aplikasi yang masuk ke dalam jajaran 40 besar inovasi di Indonesia,” katanya.

Rombongan BAKTI Kemenkominfo beserta DJA disambut sejumlah kepala OPD di Pemko Padang. Nampak hadir di antaranya Plt Inspektur Syuhandra, Kepala DPMPTSP Corri Saidan, dan lainnya. Di akhir pertemuan, Analis Anggaran Ahi Madya Direktorat Sistem Penganggaran DJA, Ahmad Irsan menyerahkan cenderamata berupa dokumen APBN 2022 kepada Kepala Diskominfo Padang.Rel

Baca juga: Kadiskominfo Sumbar: Animo Masyarakat Agam untuk Vaksinasi Tinggi

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaDunia Usaha dan Penyedia Layanan di Agam Ikuti Pelatihan Konvensi Hak Anak
Artikel berikutnyaBupati Rusma Apresiasi Bank BRI Salurkan Bantuan CSR ke Masjid