Balai Bahasa Sumbar Galang Kerja Sama dengan Pemko Sawahlunto

sumbar
Sawahlunto, SuhaNews – Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat melakukan sosialisasi sekaligus Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Pemko Sawahlunto, Kamis 15 Juli 2022.

“Terima kasih atas sosialisasi lembaga dan program dari Balai Bahasa ini. Kita mendukung peluang kerja sama untuk ditindaklanjuti,” kata Wali Kota Deri Asta.

Baca juga: Gandeng IAIN Batusangkar, Balai Bahasa Sumbar Awasi Penggunaan Bahasa

Penandatanganan kerjasama ini dihadiri oleh Asisten Administrasi Pemerintahan Irzam, Kepala Dinas Pendidikan Asril, Kepala Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Hilmed, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Nova Erizon, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Halomoan dan Kabag Kominfoperhumas Wiza Andrita.

Menurut Deri Asta, Bahasa memiliki nilai dan peran penting tidak hanya sebagai unsur komunikasi namun juga identitas daerah bahkan bangsa.

“K ita harus mendukung bagaimana bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai kaedah yang berlaku itu dapat diterapkan. Melalui OPD terkait kita akan tindaklanjuti kerja sama dengan Balai Bahasa ini,” kata Wali Kota Deri Asta.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumbar Eva Krisna yang diwakili Kasubag Umum Wahyudi menjelaskan bahwa pihaknya saat ini memiliki dua program, yakni sosialisasi pengutamaan penggunaan bahasa negara pada 45 lembaga terbina, kemudian melakukan Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) yang diselaraskan dengan program merdeka belajar.

“T ugas pokok kami adalah tentang bahasa, sastra dan literasi,” ujar Wahyudi.

Balai Bahasa Sumbar, jelas Wahyudi, juga sedang melakukan penyusunan kamus bahasa daerah. Saat ini telah selesai disusun kamus bahasa Minang dan kamus bahasa Mentawai.

“Selain itu, Balai Bahasa jugamenerjemahkan dan mencetak buku bahasa Minang menjadi bahasa Indonesia untuk dibagikan di ruang literasi,” kata Wahyudi.

BACA JUGA  Gedung Pusat Kebudayaan (GPK) Sawahlunto Terbakar, Festival Durian Dibatalkan

Disampaikan Wahyudi jika Balai Bahasa Sumbar juga memetakan bahasa dan sastra daerah di Provinsi Sumatera Barat serta mulai merancang ensiklopedia sastrawan Sumbar. (Wewe)

Baca juga: Website www.tanahdatar.go.id Mendapat Penghargaan Dari Balai Bahasa Sumbar

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakPalala E04, Ketika Supir Bus Jadi Imam Salat Bagi Crew dan Penumpangnya
Artikulli tjetër41 Hari di Tanah Suci, Jamaah Kloter 1 Padang Kembali dengan Selamat