Batang Kuantan Meluap, Akses ke Silokek dan Durian Gadang Terputus

silokek
Banjir yang disebabkan luapan batang Kuantan menutup jalan dari Sijunjung menuju Silokek dan Durian Gadang
Sijunjung, SuhaNews. Tinggi curah hujan sejak beberapa hari terakhir membuat debit air batang Kuanta meluap, akibatnya nagari Surian Gadang dan Silokek di kecamatan Sijunjung terisolasi.
Air yang menutup jalan dipinggir batang Kuantan ini membuat warga dikedua nagari tak bisa beraktivitas seperti biasa. Kondisi ini dibenarkan oleh Kepala BPBD Sijunjung Hardiwan SP.

“Untuk sementara ini, warga di Kenagarian Durian Gadang dan Nagari Silokek terisolir karena debit air masih tinggi dan menggenangi akses utama warga di dua Kenagarian tersebut, jalan belum bisa dilalui. Dan jalan bisa kembali dilewati jika air sudah surut,” ujar Hardiwan, Senin (9/12).

Meskipun begitu, BPBD tetap siaga dan awas jika seandainya curah hujan kembali meningkat. ” Kita tetap siaga dan awas, serta menyiapkan peralatan lainnya seperti perahu jika air tak kunjung surut dan memerlukan evakuasi warga,” terangnya.

Hardiwan menambahkan, bencana alam seperti longsor juga terjadi di nagari Pulasan dan nagari Taratak Utara Kecamatan Tanjung Gadang dimana terpantau ada 14 titik longsor di lokasi tersebut.

“Kita telah menerjunkan personil BPBD ke lokasi serta melakukan pemantauan di beberapa titik lainnya yang dianggap rawan akan bencana alam,” ulasnya.

BPBD juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai ataupun di areal perbukitan agar selalu waspada dengan bencana yang setiap saat mengancam, mengingat situasi dan kondisi cuaca saat ini.

reporter : O | Red

Baca Juga : Pasca Amblas Jalan Silokek Mulai Diperbaiki

Facebook Comments

loading...