BDI Padang Gelar Diklat 3in1 di X Koto Diatas

BDI Padang Gekar Diklat 3in1 di X Koto Diatas
Sulit Air, SuhaNews. Kementerian Perindustrian melalui Balai Diklat Industri (BDI) Padang mengadakan pendidikan dan latihan (Diklat) 3 in 1 Busana Adat di Sulit Air, pesertanya sebanyal 60 orang dari nagari di kecamatan X Koto Diatas Kab. Solok.

Dalam Diklat angkatan ke XX ini, BDI Padang menggandeng UKM Lona Collection sebagai narasumber, dengan materi hiasan busana adat jahit tangan sulaman timbul. Pelatihan sendiri dipusatkan di gedung serba guna nagari Sulit Air.

Rafli Ahmat dari Balai Diklat Industri (BDI) Padang menyampaikan bahwa peserta akan mengikuti kegiatan ini selama 14 hari mulai 16 Februari 2021 hingga 4 Maret 2021 nanti.

“Sasarannya adalah para peserta mampu membuat dan mengkreasikan busana adat dengan jahit sulaman timbul,” jelas Rafli.

Menutup laporannya Rafli menyampaikan bahwa untuk Diklat ini, BDI menyediakan tiga narasumber yakni Reni Ria Sari, Rika Feronika dan Atika Anesia Wiranda. Selain membekali peserta dengan bahan praktek, juga diberikan peralatan protokol kesehatan.

Camat X Koto Diatas yang diwakili oleh Sekcam Bambang Hermanto, S.H, mengucapkan terima kasih kepada Ketua PKK nagari Sulit Air, yang memiliki ide kreatif untuk menggandeng BDI Padang mengadakan pelatihan ini.

“Ketua PKK telah mencoba mambakik batang tarandam, apalagi masa pandemi ini, semoga pelatihan bermanfaat dan meningkatkan perekonimian keluarga nantinya,” harap Bambang.

Surya Agusman, SE.MM kepala BDI Padang yang membuka Diklat ini menyampaikan bahwa pelatihan ini di berikan sesuai tujuan dari pelatihan yang di miliki oleh Kementerian Perindustrian yaitu menciptakan wirausaha baru

“Pelatihan ini juga di dasarkan kurikulum yang ada, sehingga pelatihan ini terarah, hasil sulaman yang di ciptakan oleh peserta maka kementerian akan mencarikan pasar, sehingga pelatihan yang dilakukan serta nagari menjadi di kenal lagi oleh masyarakat luar,” ujar Surya.

BACA JUGA  SAS Pekanbaru Beri Buku Untuk Pustaka Nagari Sulit Air

BDI Padang Gekar Diklat 3in1 di X Koto Diatas

Ia berharap setelah pelatihan ini para peserta mampu mengembangkan kreasi dan inovasi dalam membuat sulaman sehingga memiliki ciri khas yang membawa maju sebagai sebuah usaha kreatif.

Pembukaan Diklat 3 In 1ini dihadiri oleh wali nagari Sulit Air yang di wakili oleh Metrizal, Sos.I, Camat X Koto diatas di wakili oleh Sekcam Bambang Hermanto, S.H, ketua PKK Sulit Air Emira Pondesta, ketua Bundo Kanduang Sulit Air Syafrida, SE.

reporter : Hendrik editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...