Bupati Solok, Epyardi Asda Sampaikan Nota Pengantar Tentang Rancangan Awal RPJMD

epyardi
Arosuka, SuhaNews – Bupati Solok, Epyardi Asda mengikuti Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Nota Pengantar Bupati Solok Tentang Rancangan Awal RPJMD di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kab Solok, Jumat (28/5/2021).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Dodi Hendra dihadiri oleh Wakil Ketua Ivoni Munir dan Wakil Ketua Lucki Efendi. Bupati Solok Epyardi Asda, Wakil Bupati Jon Firman Pandu, anggota DPRD, Sekda Aswirman, Forkopimda, Plt Sekwan Muliadi Marcos, SKPD Pemkab Solok.

Baca juga: Pemkab Solok Gelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

Bupati Solok mengatakan bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, Kepala Daerah sebagai pemenang Pemilu, diwajibkan menyusun dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Rangkaian kegiatan ini berfungsi sebagai penyempurnaan untuk menyelaraskan Rancangan Awal  (RPJMD) Kabupaten Solok,” urai Epyardi Asda.

Didasari oleh pentingnya kegiatan pembahasan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ini, tambah Bupati Solok, sudah selayaknya Seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Solok, memberi perhatian dan optimal terhadap proses ini, serta terlibat aktif, tujuan untuk menjadikan forum ini sebagai instrumen penting dalam perencanaan dan penganggaran yang partisipatif dapat kita wujudkan.

“Rencana ini hendaknya dapat dilaksanakan dan direalisasi dengan baik . Visi yang telah kami sampaikan “Mambangkik Batang Tarandam,” mempunyai makna bahwa Kabupaten Solok mulai dari sekarang dan seterusnya tidak lagi berada pada peringkat yang rendah di Sumatera Barat,” jelas Bupati Epyardi Asda.

“Menjadikan Kabupaten Solok menjadi Kabupaten Terbaik di Sumatera Barat adalah pernyataan yang juga memberi motivasi kepada seluruh aparatur dan warga Kabupaten Solok, untuk selalu melakukan yang terbaik dalam setiap aspek kehidupan,” tambah Bupati.

Dalam rangka Visi “Mambangkik Batang Tarandam, menjadikan Kabupaten Solok terbaik dijabarkan dalam 6 (enam) Misi sebagai berikut (1) Mengelola Anggaran Berbasis Kebutuhan Masyarakat, (2) Meningkatkan Infrastruktur yang berkeadilan, (3) Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Sektor Pertanian, UMKM, Perdagangan Dan Pariwisata.

BACA JUGA  Bupati Epyardi Asda Berikan Jawaban Terhadap Pandangan Fraksi DPRD Kab Solok

Selanjutnya,  (4) Meningkatkan Pembangunan Sumber Daya  Manusia Yang Berkualitas, (5) Mewujudkan Penyelenggaraan Tata Kelola Pemerintahan Daerah Yang Baik Dan Bersih, (6) Meningkatkan Tatanan Hidup Masyarakat Berlandaskan Adat Basandi Syara’-Syara ‘Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“Misi tersebut dirumuskan dengan 6 tujuan, 19 sasaran, 74 strategi dan 162 arah kebijakan serta 161 program.  Pelaksanaan agenda Pemerintah daerah yang telah direncanakan tersebut, didukung dengan perkiraan/proyeksi kerangka tahun 2021 sebesar Rp.  1.286.734.067.920,00,” jelas Bupati Epyardi Asda. (Wewe)

Baca juga: Bupati Eka Putra Buka Musrenbang RPJMD Tanah Datar 2021-2026

Facebook Comments

loading...