Bupati Tanah Datar, Eka Putra Pimpin Rakor dengan Organisasi Perangkat Daerah

tanah
Tanah Datar, SuhaNews – Bupati Tanah Datar, Eka Putra pimpin rapat koordinasi dengan kepala OPD (organisasi perangkat daerah) se-Kabupaten Tanah Datar di Aula Kantor Bupati Tanah Datar, Kamis (04/03/21).

Dalam Rakor perdana ini, Eka Putra didampingi Wakil Bupati Richi Aprian. Rakor membahas  3 isu strategis yakni perencanaan pembangunan dan recovery ekonomi, pengelolaan keuangan daerah dan aset daerah serta penanganan Covid-19.

Baca juga: Wawako Padang Ikuti Rakor Akselerasi Capaian Vaksinasi Covid-19

Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah, Kepala Badan Keuangan Daerah Adrion Nurdal dan Kepala Pelaksana BPBD Thamrin memaparkan program masing-masing.

‘Seluruh perangkat daerah perlu bekerja keras untuk menwujudkan visi dan misi yang sudah dicanangkan,” ujar Eka Putra.

Bupati Eka Putra mengaku terenyuh ketika bertemu warga yang terikat oleh rentenir. Satu keluarga terlilit utang dari rentenir.

“Untuk dimakan saja tidak ada lagi karena semuanya sudah habis,” kenangnya.

Bismillahirrahmanirahim, kata Eka Putra, melalui rakor, saya bersama wakil bupati akan memimpin perlawanan terhadap rentenir di Tanah Datar.

“OPD terkait, saya mohon siapkan formula untuk mengatasinya. siapkan datanya, cari aturannya, diskusi dengan daerah yang sudah berhasil melakukannya,” imbau Eka Putra.

Selanjutnya, jelas Eka Putra, siapkan instrumen, seperti koperasi syariah di nagari-nagari, pinjaman lunak tanpa agunan melalui bank, siapkan regulasinya.

“Kita harus sungguh-sungguh mengatasi ini. Niatkan untuk ibadah. Semoga jika ini berhasil, menjadi amal jariyah untuk kita” tuturnya.

Sementara Wabup Richi Aprian berharap antarperangkat daerah agar menghilangkan ego sektoral karena semuanya dalam satu bendera.

“Pelayanan publik harus ditingkatkan, masalah perizinan juga harus juga perhatikan dan yang juga terpenting penanggulangan kemiskinan di Tanah Datar harus jelas, terukur dan terarah progamnya,” pesannya.

BACA JUGA  Seleksi Peserta MTQ ke-39, Kabupaten Solok Targetkan Masuk 5 Besar

Rakor ini juga diikuti Sekda Irwandi, staf ahli, asisten dan kabag di lingkup sekretariat daerah, kepala perangkat daerah, camat, Direktur PDAM Tirta Alami dan Direktur Perusahaan Daerah Tuah Sepakat. (Dajim)

Baca juga: Persiapkan Pembelajaran Tatap Muka, Forkopimda Tanah Datar Gelar Rakor

Facebook Comments

loading...