Calon Mahasiswa asal Padang Pariaman Diberi Peluang IAIN Batusangkar

Calon Mahasiswa asal Padang Pariaman Diberi Peluang IAIN Batusangkar
Batusangkar, SuhaNews. Turut dalam mengembangkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda di Kabupaten Padang Pariaman, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar akan membuka lebar bagi calon mahasiswa asal Kabupaten Padang Pariaman.

Hal ini terungkap saat Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc didampingi Wakil Rektor Dr. Sirajul Munir, M.Pd melakukan audiensi dengan Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, Selasa, (18/5/ 2021) di Parit Malintang.

BACA JUGA  Covid-19 Kabupaten Solok: 12 Terkonfirmasi, 1 Orang Sembuh

“Audiensi ini lebih banyak membahas tentang pendidikan dan pengembangan SDM. Kita siap menerima para calon mahasiswa dari Padang Pariaman, dan yang memiliki hafalan Al Quran sehingga SPP nya bisa digratiskan,” ujar Warek Sirajul Munir.

Ke depannya, tambah Munir, IAIN akan membuka program S3. “Insya Allah, ke depan program S3 IAIN Batusangkar segera dibuka agar mereka bisa memberikan kesempatan kepada pejabat untuk mengambil program Doktor di IAIN Batusangkar,” terang Munir.

Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar, Dr. Marjoni Imamora,M.Sc mengatakan, penerimaan calon mahasiswa dari Kabupaten Padang Pariaman ini sebagai wujud dukungan dari IAIN Batusangkar terhadap visi misi Kabupaten Padang Pariaman yakni satu rumah satu sarjana.

BACA JUGA  Puskesmas Alahan Panjang Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Siswa MAN 3 Solok

“Kami bersedia menjadi mitra pemerintah daerah Kabupaten Padang Pariaman, tentunya dapat didukung karena saat ini IAIN Batusangkar saat ini telah memiliki 34 Program Studi dan 7 diantaranya telah berakreditasi A. Bahkan dalam kami juga memberikan beasiswa kepada Hafiz yang hafal 2 juz hingga 8 juz, bebas untuk memilih jurusan dan dibiayai hingga tamat,” ujarnya.

Disebutkan juga, selain meluncurkan program beasiswa tahfizh, IAIN Batusangkar telah melakukan kerjasama dengan Pemkab Tanah Datar melahirkan guru tahfizh profesional dalam rangka mensukseskan Tanah Datar sebagai Kabupaten Tahfizh. “Kerjasama yang terus berlanjut sampai saat ini dengan Pemkab Tanah Datar merupakan upaya IAIN Batusangkar membantu pembangunan daerah khusus pembangunan Sumber Daya Manusia,” tukas Marjoni.

BACA JUGA  Pungli pada Sopir Truk, Polres Padang Pariaman Amankan 10 Orang

Sementara itu, Bupati Suhatri Bur menyambut gembira program beasiswa tahfizh yang digagas IAIN Batusangkar.

“Program beasiswa tahfiz sangat menarik bagi pemerintah daerah Padang Pariaman. Kebetulan sekali program ini juga termasuk program Pemerintah Daerah. Malah Kami termasuk kabupaten yang lebih duluan menggagas program tahfiz ini di Sumatera Barat,” tutur Bupati. (Dajim)

Berita Terkait : IAIN Batusangkar Matangkan Persiapan Mengikuti PKM PTKIN se-Sumatera

Facebook Comments

loading...