Cegah Covid-19, Tapal Batas Kab. Solok Dijaga Ketat

Cegah Covid-19, Tapal Batas Kab. Solok Dijaga Ketat
Solok, SuhaNews – Kesibukan di Posko Waspda Covid-19 di perbatasan Kabupaten Solok tiada henti. Selama 24 jam, petugas silih berganti memeriksa kendaraan dan penumpang yang datang dari berbagai daerah.

Di Posko Perbatasan Biteh Kacang, Kecamatan X Koto Singkarak misalnya, petugas yang terdiri Dinas Perhubungan, Satpol PP,  Polontas, Polsek,  Dinas Kesehatan, PMI, POM,  dan TNI bahu membahu dalam mewaspadai Covid-19.

batas

“Rata-rata ada 300 kendaraan lebih setiap hari,” jelas M. Jafar J, Danru Posko Waspada Covid-19 di Kacang, Sabtu (11/4/2020) di Kacang.

Menurut Kepala UPT  PKB Dinas Perhubungan Kabupaten Solok ini, kendaraan yang datang dari arah Tanah Datar ini disetop, kendaraannya disemprot disinfektan, sementara suhu tubuh penumpang dan sopir diperiksa. Pemeriksaan dilakukan oleh petugas dari Dinas Kesehatan, sementara disingfektan dilakukan oleh PMI dan BPBD.

“Sejak Posko dibuka,belum ditemukan pasien yang terinfeksi Covid-19,” jelas M. Jafar.

Berita Terkait : Cegah Covid-19, Sekda Kab Solok Kunjungi Posko Perbatasan

Sebelumnya, ujar petugas medis dari Dinas Kesehatan (Puskesmas Singkarak), memang ditemukan pendatang dengan suhu tinggi, mencapai 37 bahkan 40, namun tidak menunjukkan gejala Covid-19, karena tidak ada gejala lain.

“Kebetulan saat itu memang cuaca sangat panas,” jelasnya.
Setelah diminta istirahat sejenak, suhunya kembali normal. Di samping itu,pendatang yang tidak memperlihatkan gejala lainnya, selain suhu tubuh yang tinggi, diminta untuk istirahat sejenak atau diminta istirahat atau mengkarantina diri sesampainya di rumah.

Intensitas kendaraan,jelas Jafar, lebih tinggi di perbatasan Solok  dan Padang, serta perbatasan Solok-Sawahlunto. Di dua perbatasan ini, lebih dari 400 kendaraan setiap hari dengan ribuan penumpang yang diperiksa.

“Kita mengingatkan setiap penumpang memakai masker,” jelas Jafar.

Setiap penumpang yang turun untuk diperiksa  suhu tubuhnya diminta memakai masker. Bagi yamg tidak memakai masker dan meninggalkannya di atas kendaraan, diminta segera memakainya. Karena masker ini termasuk salah satu cara untuk meminimalisir penularan covid-19.

BACA JUGA  Ketua DPRD Kab. Solok Hadiri Rapat Komite SMPN 5 Lembang Jaya

Dalam mengantisipasi penularan covid-19 ini, Pemkab Solok sudah mendirikan empat posko. Selain Posko utama di Arosuka. Keempat Posko Waspada Covid-19 ini ada di Sungai Lasi (perbatasan Kab Solok -Sawah Lunto), posko Lubuk Selasih (perbatasan Kab Solok – Kota Padang) dan posko Kacang (Perbatasan Kab Solok – Tanah Datar), serta di Paninggahan, juga perbatasan Kab Solok – Tanah Datar (Malalo). Wewe    

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaGubernur Surati “Mamak”, Kredit PNS pada Bank Nagari di Restrukturisasi
Artikel berikutnyaCiloteh Mak Pono : Takuik Kanai, Karibo ma Isolasi Diri