Cerdas Al Qur’an, Siswa Yang Ikut di Tanah Datar Tertinggi

cerdas
SuhaNews– Cerdas Qur’an atau lomba yang hampir sama dengan cerdas cermat, bedanya cerdas quran lebih relijius seperti hafalan ayat-ayat suci alquran, nama surat, terjemahan ayat, posisi ayat, sejarah Islam, hingga hafalan ayat itu sendiri.

Lomba Cerdas Al Quran yang digagas Padangtv ini berawal dari pandemi covid-19 yang mana sebelumnya kegiatan sudah dikerjasamakan dengan pemerintah kabupaten dan kota di Sumatera Barat yaitu Bintang Sains Padangtv, namun karena kondisi protokol kesehatan yang ketat dan belum dimulainya belajar tatap muka, maka padangtv berinovasi melahirkan cerdas al- qur’an.

Direktur Operasi Padangtv Rita Gusveniza mengatakan Lomba Cerdas Al Quran ini juga sebagai transfer knowledge kepada para peserta didik agar berani tampil dan percaya diri dimuka umum.

“Sungguh luar biasa dukungan yang diberikan Bapak Bupati Tanah Datar, dan ini sudah kabupaten yang ke-14 dari 19 kabupaten dan kota di Sumatera Barat dan hingga saat ini di Tanah Datar inilah peserta atau peminatnya yang terbanyak dan pemahaman Al Quran nya juga bagus,” ucapnya.

Dikatakan Rita jika ini sudah membuktikan apa yang pernah diucapkan Bupati Eka Putra ketika bertemu di kantor Padang Ekspres beberapa waktu lalu jika di Tanah Datar pemerintah daerah punya program unggulan Satu Rumah Satu Hafiz dan Hafizah.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM puji program Cerdas Al Quran yang digagas Padangtv ini, dan disaksikan live melalui youtube, online dan juga via zoom tersebut.

Dikatakan Bupati Eka Putra jika pada saat tampil ini anak-anak harus berani, jangan takut dan mental harus kuat karena kalau tidak akan mempengaruhi saat menjawab soal. “Saat saya tanya pada peserta bahkan sudah banyak yang hafizh 6 juz, tapi yang tampil prima dan jadi juara justru yang hafiz 3 juz,” ucapnya.

BACA JUGA  Wisata Selancar ke Mentawai Kembali Diaktifkan

Bupati juga ingatkan pada guru-guru selain meningkatkan hafalan Al Quran peserta didik, mental tampil juga harus dilatih. Dikatakan Bupati saat ini di Tanah Datar lebih kurang 12 ribu anak sudah penghafal Al Quran.

Menurut Eka Putra, kemajuan teknologi saat ini menuntut kita bersama berbenah dan menyusun langkah untuk membina generasi muda dengan membentuk iman dan akhlak, seperti program Padangtv ini, namun tidak terfokus pada hafalan al quran semata namun juga Shalat lima waktu tidak boleh ditinggalkan.

Bupati minta program padangtv ini terus berlanjut karena sejalan dengan progul Tanah Datar, Satu Rumah Satu Hafizh atau Hafizah sehingga akan memicu semangat generasi penerus untuk menghafal alquran.

“Saya berharap dengan program Cerdas Al Quran ini dapat meningkatkan pemahaman peserta didik tentang al quran, penguasaan dan hafalan terus bertambah dan ini juga sudah sesuai dengan filosofi Minangkabau, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK), dari itu Saya ucapkan terima kasih kepada Padangtv dan Bank Nagari yang turut mensuport,“ ucapnya.

Pada kesempatan itu Bupati juga sampaikan akan memberi hadiah atau reward bagi yang juara dan mewakili Tanah Datar ke tingkat provinsi dan reward tambahan jika berhasil pula juara ditingkat provinsi.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Tanah Datar Riswandi jika program ini dapat dijadikan spirit baru untuk terus mendorong semangat penghafal alquran dan menyonsong Indonesia Emas tahun 2045.

Riswandi sampaikan pada para peserta untuk terus mengasah kemampuan dan mempersiapkan diri untuk menjadi juara dan mewakili Tanah Datar untuk kembali tampil pada ajang tingkat provinsi mendatang. Rel

Baca juga:

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakRelindo Tanah Datar Gelar Aksi Bersih Gunung Merapi Bersama STIT Diniyyah Puteri Padang Panjang
Artikulli tjetërGuru Kelas XII MAN 2 Bukittinggi Adakan Merakit Soal Ujian