Cincin Tak Bisa Dibuka, Damkar Turun Tangan

Personil Damkar Kab. Solok di Pos Alahan panjang membantu melepaskan cincin dari jari warga.

Solok, SuhaNews. Ada pemandangan berbeda di Pos Damkar Alahan Panjang, Rabu (26/2). Tiga orang datang meminta bantuan tapi bukan memadamkan api.

In (35) warga salah satu nagari di kecamatan Lembah Gumanti datang bersama kakaknya dan satu kerabat lainnya meminta bantuan petugas Damkar Pos Alahan Panjang untuk melepas cincin dari jarinya.

Cincin itu tidak muat lagi sehingga jarinya membengkak, In dan keluarga sudah mencoba berbagai cara, namun tidak bisa. Termasuk menggergaji cincin tersebut, yang adanya jarinya terluka dan bertambah parah bengkaknya.

Petugas Piket Pos Damkar Alahan Panjang yang dipimpin Perwira Medi Iswandra membantu dengan memberi pelumas ke tangan korban, kemudian digerakan secara perlahan.

Walau butuh waktu, usaha ini berhasil dan membuat In dan keluarganya yang panik menjadi senang dan mengucapkan terima kasih pada petugas Damkar.

Saat ditanya kenapa datang ke Damkar saat ada kejadian seperti ini, In yang tak mau diungkap identitas lengkapnya  menjawab mendapat informasi dari Internet bahwa tugas dan keahlian personil Damkar tidak hanya memadamkan api, tetapi juga tugas sosial lainnya.

Personil Damkar juga membantu penangan bencana. foto : Fb Damkar Kab Solok

Sementara itu Perwira Pos Damkar Alahan Panjang Medi Iswandra membenarkan pernyataan In, bahwa Damkar selain memadamkan api juga memberikan bantuan kemanusian dan sosial kepada masyarakat.

Seperti penanganan bencana bersama BPBD, menangkap binatang seperti ular, bahkan membasmi sarang tawon.

“Personil Damkar tidak ganya dilatih untuk memadamkan api, tetapi juga berani dan tangkas terhadap berbagai kondisi yang mungkin terjadi ditengah masyarakat,” sebut Medi. Moentjak

Baca Juga :

 

Facebook Comments

loading...