Corona Jadi Bahasan Peringatan Isra’ Mi’raj di MTsN 3 Solok

Corona Jadi Bahasan Peringatan Isra' Mi'raj di MTsN 3 Solok
Alahan Panjang, SuhaNews. Keluarga besar MTsN 3 Solok menggelar peringatan Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW 1441 H di Masjid Raya Baiturrahman Bukik Rampuang Alahan Panjang, Jumat (20/3).

Acara ini diikkuti oleh seluruh warga madrasah dengan menghadirkan penceramah Irwandi, M.Pd.I.

Dalam ceramahnya Ustadz Irwandi menegaskan pentingnya mengevaluasi diri tentang sejauh mana siswa siswi Madrasah memahami akan hakekat peristiwa Isra’Mikraj dalam hidup dan kehidupannya.

Apalagi kondisi dunia yang sedang di hebohkan dengan virus Corona yang banyak mempengaruhi tatanan kehidupan manusia dimana mana. Ustad Irwandi mengajak seluruh jemaah untuk berserah diri secara utuh Kepada sang Pencipta.

Lebih jauh Ustadz Irwandi memaparkan tentang hikmah Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Isra’ yang bermakna diperjalankannya Nabi Muhammad SAW oleh Allah SWT dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsa di Palestina memiliki hikmah bahwa pentingnya menjaga hubungan horizontal atau hablum minannas di antara sesama manusia, dengan cara menumbuhkembangkan rasa persatuan dan kesatuan diantara sesama.

Baca Juga : H. Fuadi Tinjau UAMBN-BK Perdana MTsN 3 Solok

Selanjutnya, Ustadz Irwandi menjelaskan makna Mi’raj yaitu diangkatnya Nabi Muhammad SAW ke Sidratul Muntaha di Langit Lapis Ketujuh yang memiliki hikmah bahwa manusia mesti menjaga hubungan vertikal atau hablum minallah antara manusia dengan Allah SWT dengan cara menjaga dan mendirikan shalat 5 waktu sehari semalam.

Dan perwujudan syukur kepada Allah SWT yang utama adalah senantiasa melaksanakan shalat 5 waktu sehari semalam secara berjamaah di mesjid dan mushalla. Karena mendirikan shalat maka manusia muslim akan terhindar dari perbuatan keji dan munkar sehingga tercipta masyarakat Kabupaten Solok yang madani, aman, tertib dan sejahtera lahir batin.

Kepala MTsN 3 Solok Kamsuir dalam sambutannya menyampaikan akan pentingnya siswa madrasah selaku muslim yang mencintai Rasulullah hendaknya mampu memahami i’tibar besar dalam peristiwa isra mikraj ini. Peristiwa yang tak mampu dicerna oleh manusia biasa namun Allah ingin menujukan akan kuasa Nya di atas segalanya. Bahwa tak ada yang mustahil jika Allah berkehendak.

BACA JUGA  Taman Pojok Instansi Percantik Pemandangan di Kampung Batu Dalam

“Memahami secara mendalam akan hakekat peristiwa ini sungguh akan mengajarkan kepada kita sebagai hamba Allah akan pentingnya bertawakkal dan percaya sepenuhnya Kepada Allah. Semoga kita semua mengambil hikmah nya dan mampu diterapkan dalam kehidupan sehari hari ” ujarnya.

reporter : Nel editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...