Tips Cara Cegah COVID-19 Melalui Makanan Bergizi

Tips Cara Cegah COVID-19 Melalui Makanan Bergizi
berbagai jenis makanan bergizi yang mudah didapat disekitar kita. foto koleksi suhanews
Covid-19 sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat dunia. Ya, virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China ini sudah menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk ibu pertiwi.

Sudah banyak anjuran dari WHO dan Kemenkes RI dalam upaya pengendalian dan pencegahan Covid-19. Salah satunya untuk pengendalian penyebaran virus, yaitu dengan tidak berpergian keluar rumah jika memang tidak terlalu urgent alias #dirumahsaja.

Sementara untuk pencegahan, salah satunya dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Bagaimana bisa makanan bergizi mencegah seseorang terinfeksi COVID-19?

Makanan tidak sepenuhnya menangkal infeksi virus, tetapi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, sistem kekebalan tubuh akan lebih kuat sehingga memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh.

Lalu apa saja makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh?

Menurut Esther Ellis dalam jurnal “Academy of Nutrition and Dietetics” (2018), beberapa zat gizi yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh, yaitu :

  1. Beta Karoten (Vitamin A)

Ditemukan dalam makanan nabati, seperti ubi, bayam, wortel, mangga, brokoli, dan tomat.

  1. Vitamin C

Makanan kaya vitamin C, seperti buah jeruk, berry, melon, tomat, paprika dan brokoli.

  1. Vitamin D

Sumber utama vitamin D berasal dari sinar matahari. Namun dapat juga ditemukan dalam ikan berlemak dan telur. Susu dan jus yang diperkaya dengan vitamin D juga merupakan sumber nutrisi penting.

  1. Seng (Zinc)

Sumber zinc, yaitu dari sumber hewani seperti daging sapi dan makanan laut. Tetapi zinc juga terdapat dalam sumber nabati seperti gandum, biji-bijian, kacang hijau, dan kacang-kacangan lainnya.

  1. Probiotik

Probiotik adalah bakteri “baik” yang meningkatkan kesehatan. Mereka dapat ditemukan dalam produk susu seperti yogurt dan makanan fermentasi seperti kimchi.

  1. Protein

Dapat berasal dari sumber hewani dan nabati, seperti susu, yogurt, telur, daging sapi, ayam, makanan laut, biji-bijian, kacang-kacangan dan lentil.

BACA JUGA  Kontak dengan Pasien Covid-19 Padang Panjang, 96 Warga Tanah Datar Ikuti Swab Test

Nah, itu beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih yang cukup, serta berolahraga setiap hari.

Sumber : IndekNews.com

Baca Juga :

 

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaTerkait Covid-19, Bupati Solok Lakukan Video Conference dengan Gubernur
Artikel berikutnyaLarangan Mudik Tahun Ini Disetujui DPR-RI