Guru Honor di Danau Kembar Kab. Solok, Kembangkan Kopi Sigararutang

816
danau
Pemkab Solok mendorong kelompok tani mengembangkan kopi arabica di seberang Danau Diateh kec. Danau Kembar.
Solok, SuhaNews. Simpang Tanjuang Nan IV sebuah Nagari dipinggiran danau Diateh yang terletak di Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok. Selain objek wisata danau Diateh yang sudah cukup terkenal serta memiliki iklim yang sejuk juga memiliki potensi luar biasa khususnya dibidang pertanian dan perkebunan yang selama ini sudah dikelola dengan cukup baik.

Salah satunya potensi dibidang perkebunan kopi dengan berbagai varietas yang dikembangkan oleh kelompok tani Gunung Talang di ketuai oleh Muhammad Yani SPd yang sehari harinya juga sebagai tenaga honorer di SDN 13 Subarang Danau ini

“Sudah 3 tahun terakhir aktif mengembangkan kopi Arabika varietas Sigararutang,” ujar Yani kepada SuhaNews.

Selain jenis kopi ini sangat cocok dibudiyakan daerah Simpang Tanjung nan IV juga memiliki nilai jual yang tinggi dan termasuk jenis kopi yang banyak diminati oleh konsumen manca negara.
Menurut Yani sebagai ketua kelompok tani Gunung Talang.

Semenjak berdiri 3 tahun lalu kerja keras mereka sudah berhasil mengolah kopi Arabika dengan berbagai rasa dengan brand Kopi “Subarda”.

M.Taufiq SP MP, Kasi Pengolahan dan Pemasaran hasil Perkebunan mewakili Dinas Pertanian Kabupaten Solok menyatakan bahwa upaya pemberdayaan kepada kelompok kelompok tani kopi di Kab. solok sudah dilaksanakan beberapa tahun terakhir serta menfasilitasi dalam berbagai kegiatan seperti temu lapang untuk meningkatkan sumber daya petani kopi serta bantuan sarana produksi berupa bibit,pupuk dan obat obatan dengan harapan dapat meningkatkan kwalitas dan kwantitas kopi Arabika di kelompok tani Gunung Talang.

Dinas Tanaman Pangan,Hortikultura dan Perkebunan Propinsi Sumatra Barat melalui Kepala Bidang Perkebunan Ir. Gusnadi Abda ketika berbincang dengan Suhanews menyampaikan harapannya agar kelompok tani Gunung Talang dapat membawa nama Kabupaten Solok dan Sumatra Barat pada umumnya ke manca negara,melalui exspor kopi Arabika yang berkwalitas guna meningkatkan aset devisa negara.

Untuk itu melalui kegiatan bantuan alat pengolahan hasil perkebunan, Dinas TPHP Propinsi Sumatra Barat saat ini tengah melaksanakan pembangunan gudang dan solar drayer dan mesin pengolahan hasil di 2 kelompok salah satunya ada di kelompok tani gunung talang sebagai salah satu unit pengolahan hasil Arabika di Kabupaten Solok.

reporter : Oca editor Moentjak

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...