Kopi, Dari Perekat Sosial Hingga Sumber Inspirasi

265
kopi
Kopi, salah satu sumber inspirasi bagi sebagian orang
Kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia serta menjadi minuman penyambung hubungan sosial. Kopi tak hanya sebatas minuman untuk meningkatkan semangat dan fokus. Tak jarang pula, bagi sebagian orang saat menikmati kopi justru mendaoatkan inspirasi untuk berkarya dan berimajinasi.

Dalam jumlah tertentu, kopi juga bisa memberikan beragam manfaat kesehatan lainnya. Kandungan kafein di dalam kopi membuat minuman ini tinggi akan manfaat sehat seperti membantu meningkatkan memori, meningkatkan metabolisme untuk membantu penurunan berat badan, dan yang paling penting mampu membuat tubuh Anda tetap fit.

Karena kopi tinggi akan manfaatnya, maka para ahli kesehatan pun menyarankan agar Anda minum kopi tidak dengan gula. Minum kopi pahit bermanfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan memori Anda. Sebab kafein di dalamnya bermanfaat untuk mengaktifkan saraf dalam otak. Sehingga selain menguatkan memori juga dapat mencegah demensia.

Selain mampu meningkatkan memori, minum kopi hitam juga dapat membuat Anda cerdas. Hal ini disebabkan karena kafein adalah stimulan psikoaktif yang bereaksi dengan tubuh dan dapat meningkatkan mood, energi, serta fungsi kognitif Anda.

Apabila seseorang sedang merasa lelah karena pekerjaan yang menumpuk atau sedang dikejar deadline tugas, atau setelah bekerja keras meminum kopi merupakan salah satu aktifitas yang pas untuk mengobati dan mengurangi perasaan lelah tersebut.

dibalik itu semua ada hikmah yang bisa kita petik dari sebuah filosofi kopi sebagaimana dimuat dalam situs Uprint.id bahwa perumpamaan menyajikan secangkir kopi agar bisa diseduh bukanlah secara instan. awalnya Dari biji kopi yang dihaluskan lalu dibuat dalam bentuk bubuk, hingga kemudian menjadi minuman yang nikmat membutuhkan proses yang butuh kesabaran.

Bahkan beda tangan, akan menghasilkan beda cita rasa. Kopi pun memiliki beragam jenis yang bisa menghasilkan cita rasa dan kenikmatan yang berbeda-beda. Bahkan kopi pun bisa disajikan dengan sederhana layaknya kopi tubruk atau bisa menjadi minuman berkelas dengan tampilan yang wah seperti kita temukan di kafe-kafe. Itulah keunikan kopi.

Dari keunikan itu kita bisa juga belajar tentang kehidupan. Layaknya kopi, manusia pun memiliki keunikannya masing-masing. Kita tak bisa menyamaratakan semua manusia. Kita harus mampu menghargai tiap perbedaan yang ada. Pola asuh yang berbeda pun akan menghasilkan karakter-karakter manusia yang berbeda.

Lingkungan tumbuh besar yang berbeda akan menghasilkan manusia-manusia yang berbeda pula. Manusia, masterpiece Tuhan yang maha kuasa dan kopi adalah masterpiece para pengolahnya.

Makna hidup dari secangkir kopi lainnya adalah penghargaan kita terhadap sebuah kerja keras dan proses yang tak sebentar. Seperti yang kita tahu untuk menghasilkan secangkir kopi yang nikmat, ada perjalanan panjang yang harus dilaluinya.

Perjalanan dan proses yang panjang tersebut tidak akan mengkhianati hasil yang didapat. Begitu juga kehidupan kita. Jika kita terus bersantai-santai dalam kehidupan, apakah semua impian mampu kita wujudkan? Dalam hidup kita pun perlu kerja keras serta cerdas untuk bisa menggapai impian. Dan untuk mencapainya kita pun butuh proses yang tak instan.

Ketika semangat sedang turun, seduhlah secangkir kopi. Lalu belajarlah filosofi kopi darinya, nikmati aroma dan cecap rasanya. Saat itu semangat yang tadinya hampir lenyap akan kembali terisi sempurna. Jika kopi saja butuh perjalanan yang tak sekedar satu dua hari, apalagi kita dalam mencapai mimpi.

Biji kopi yang berbeda akan menghasilkan cita rasa yang berbeda pula. Tidak ada yang lebih nikmat, semua memiliki kenikmatannya masing-masing. Kembali pada selera penikmatnya, lebih suka jenis kopi yang seperti apa.

Begitulah hidup, setiap manusia memiliki jalan hidupnya masing-masing. Bagi orang lain bisa jadi hidup kita terasa ringan, namun bagi kita terlihat sangat menyedihkan. Bagi kita masalah orang lain terlihat begitu mudah, sedang bagi mereka yang menjalaninya terasa begitu sulit. Semua kembali pada sudut pandang dan cara menjalaninya.

Penikmat kopi biasanya adalah orang-orang yang bisa menghargai perbedaan-perbedaan tersebut. Maka tak heran, kopi bisa menjadi pengikat rasa bagi mereka yang berkumpul di sebuah ruangan yang sama. Secangkir kopi bisa menjadi pembuka obrolan yang hangat bagi orang-orang yang baru saja saling bertemu atau telah lama terpisah sekian tahun.

jadi, yuk kita seduh kopi kehidupan kita….

Penulis : Dedi Hermanto dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...