Dedi Asmar: Kemasan Mampu Menarik Minat Konsumen untuk Belanja

dedi
Palupuh, SuhaNews – Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kabupaten Agam, Dedi Asmar mengingatkan bahwa Kemasan yang menarik dan bagus dianggap menjamin kualitas dari isi di dalamnya.

“Salah satu fungsi dari kemasan adalag  untuk menarik minat konsumen berbelanja,” ujar Dedi Asmar, saat memberikan materi di hadapan pelaku UMKM di Nagari Nan Tujuah, Kecamatan Palupuah, Senin (20/12) di kantor wali nagari setempat.

Baca juga: Pelaku UMKM di Nagari Nan Tujuah Ikuti Pembinaan Inovasi Produk

Sangat disayangkan, ujarnya, apabila produk unggul tidak mampu menembus pasar hanya karena kemasannya tidak menarik atau kurang memberi informasi yang dibutuhkan konsumen.

“Nagari Nan Tujuah memiliki produk unggulan seperti rajuk barendo yang memiliki kualitas dan keunikan tersendiri,” ujarnya di hadapan puluhan pelaku UMKM.

Minimnya informasi tentang pentingnya kemasan terhadap pemasaran produk, jelas Dedi Asmar, menjadi salah satu alasan banyaknya produk UMKM yang masih susah untuk bersaing di pangsa pasar.

Disain pada kemasan harus bisa menyampaikan komunikasi dari produk tersebut. Disain kemasan yang menarik terbukti mendukung produk untuk lebih laku dan dapat dijual dengan harga yang lebih mahal.

“Fungsi kemasan pada sebuah produk adalah untuk menarik konsumen agar menyukai dan membeli produk kita. Karena, aspek kreativitas (produk) dapat membangun persepsi konsumen,” papar Dedi Asmar.

Dedi asmar mengingatkan agar pelaku UMKM terus meng-upgrade pengetahuan seputar usaha yang digeluti. Seperti, searching di internet mengenai kombinasi warna atau semacamnya sehingga tidak ketinggalan dengan selera pasar. (*)

Baca juga: Penguatan UMKM, Kunci Sukses Indonesia Hadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN

Facebook Comments

BACA JUGA  Bupati Andri Warman Jadi Penguji Disertasi Mahasiswa Doktoral Unand
loading...
Artikel sebelumyaWakil Wali Kota Sawahlunto Ikuti Kegiatan APEKSI) Outlook 2021
Artikel berikutnyaKota Sawahlunto Peringati Hari Ibu dengan Pelaksanaan Upacara