Dies Natalis UNP Ke-66, Akan Diisi Orasi Ilmiah Mahfud MD

11
dies
Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D.
SuhaNews. Universitas Negeri Padang (UNP) merupakan salah satu universitas hasil kebijakan perluasan mandat (wider mandate) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Padang. Secara resmi pendirian (dies natalis) UNP ditetapkan pada tanggal 23 Oktober 1954.
Untuk itu, kegiatan utama dies natalis tahun 2020 ini adalah akan dilakukan bertepatan dengan tanggal Dies UNP ke-66 yaitu orasi ilmiah oleh Menkopolhukam RI Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P. dan Pidato Dies oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. pada Jumat, 23 Oktober nanti.

Demikian disampaikan oleh Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. kepada wartawan pada Selasa (13/10) pagi ini di Kampus UNP Air Tawar Padang.

Lebih lanjut Prof. Ganefri, Ph.D. menjelaskan bahwa perubahan yang dilalui UNP dapat diklasifikasikan dalam enam periode, yaitu: (1) Periode PTPG Batusangkar (1954 – 1956); (2) Periode FKIP Unand Bukittinggi di Batusangkar (1956 – 1958); (3) Periode FKIP Unand Padang (1958 – 1964); (4) Periode IKIP Jakarta Cabang Padang (1964 – 1965); (5) Periode IKIP Padang (1965-1999); dan (6) Universitas Negeri Padang (1999 s/d sekarang).

“Keputusan Presiden Nomor 093 Tahun 1999 tentang penugasan perluasan mandat (wider mandate) IKIP Padang menjadi Universitas Negeri Padang memberikan tugas untuk menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi dalam spektrum yang lebih luas di bidang ilmu nonkependidikan di samping tetap mengembangkan ilmu kependidikan sebagai tugas utama (core competency),” jelas Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Menurut Prof. Ganefri, Ph.D., perjuangan yang sangat kuat dan gigih oleh para pendiri dan pengembang UNP telah dilewati dengan proses yang sangat panjang dan patut dihapami serta dimaknai oleh seluruh Civitas Akademika UNP. Menurut Rektor, salah satu cara untuk kembali mengingat perjuangan tersebut dan memaknai nilai nilai penting yang terkandung di dalamnya adalah melalui kegiatan Dies Natalis.

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. berharap melalui kegiatan Dies Natalis ini sivitas akademika UNP dapat memahami Kembali akan pentingnya menghargai dan memaknai sebuah perjuangan dalam mendirikan sebuah universitas dan meningkatkan silaturahmi sesama sivitas akademika.

“Sebagai perguruan tinggi dengan akreditasi A dan mahasiswa terbanyak, kita akan selalu berusaha meningkatkan fasiltas layanan prima demi melahirkan lulusan lulusan yang unggul dan bermatabat. Di tengah pandemic Covid-19, UNP tetap melakukan kegiatan-kegiatan akademik dan ekstrakurikuler dengan menyesuaikan kegiatan dengan kondisi terkini,” jelas Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Dies Natalis ke-66 Dr. Yulkifli, M.Si. yang juga Dekan FMIPA menyampaikan bahwa tahun 2020 ini kegiatan Dies Natalis bertema “Membangun SDM Unggul untuk Indonesia Maju di Tengah Pandemi”. Kegiatan dies natalis ini akan berlangsung selama bulan Oktober-November 2020.

“Kegiatan yang dilakukan lainnya adalah Bedah buku, Pemberian Penghargaan kepada Dosen dan Tendik, Prodi, Jurusan, dan Fakultas dengan kinerja terbaik; anjangsana ke tempat-tempat bersejarah yang terkait dengan UNP; beberapa kegiatan kemahasiswaan dan olah raga sepeda santai. Semua kegiatan akan dilakukan dengan memperhatikan protokoler kesehatan Covid-19,” Ketua Panitia Dies Natalis ke-66 Dr. Yulkifli, M.Si. (ET)

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...