Dihadiri Bupati, Nagari Bawan Lewakan Gelar Adat Dt Majo Kando

bawan
Ampek Nagari, SuhaNews – Suku Tanjuang Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari melewakan gelar adat Dt Majo Kando kepada Khairul dan panungkek Dt Majo Kando diserahkan ke Yopi Eka Anroni, anggota DPRD Agam. 

“Selamat kepada Khairul yang dilewakan sebagai penghulu Suku Tanjuang, Nagari Bawan,” ujar Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman yang menghadiri batagak panghulu ini, Minggu (5/12).

Baca juga: Tokoh Adat dan Agama Sawahlunto Berbagi Perngalaman dengan Siak

Dengan diresmikannya menyandang gelar Dt Majo Kando, jelas Andri Warman, maka Khairul Dt. Majo Kando akan menjadi panutan dan tempat bertanya bagi anak kemenakan.

“Dt Majo Kando, serta seluruh ninik mamak Nagari Bawan diharapkan mendukung program Pemkab Agam, terutama terkait pendidikan,” jelas Andri Warman.

Pemkab Agam, jelas Andri Warman, mengembangkan tiga sektor pendidikan, selain generasi dibekali agama dan bahasa internasioal, tentu kita juga harus memperkuat pemahaman adat istiadatnya.

“Tokoh adat harus ada regenerasinya agar adat istiadat tetap berkembang karena generasi saat ini lebih cenderung main gadget dibanding belajar adat istiadat,” ujar Andri Warman.

Ninik mamak, tambah Andri Warman, diharapkan bisa bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mengembangkan adat istiadat ini. Minimal generasi kita harus bisa manyambah atau berpidato adat dan tahu jo kato nan ampek. (*)

Baca juga: Dihadiri Bupati Solok, Nagari Muaro Pingai Lewakan Gala Manti dan Dubalang

Facebook Comments

BACA JUGA  BPBD Kab. Solok Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Bukit Kili
loading...
Artikel sebelumyaLiga Champions: Milan Vs Liverpool, Penentuan Nasib Rossoneri
Artikel berikutnyaWalikota Sawahlunto Terima Kunjungan Pemuda Nagari Kubang