Diikuti Wali Nagari, Bupati Andri Warman Buka Sosialisasi SIMNag

bupati
Bukittinggi, SuhaNews – Bupati Andri Warman membuka sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Nagari (SIMNag) bagi wali nagari di Agam, yang digagas oleh Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Unand, Jumat (24/6).

Sosialisasi ini digelar dua tahap. Tahap I bagi wali nagari yang ada di Agam wilayah timur dan tahap II Agam wilayah barat.

Baca juga: Bupati Agam Launching Sistem Informasi TPUKS/M

“Pemerintah nagari sebagai garda terdepan dituntut maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini,” ujar ujar Bupati Andri Warman.

Ini akan menjawab tuntutan masyarakat agar pemerintah dapat berikan sistem pelayanan administrasi yang cepat, akurat, objektif dan berkualitas.

“Dari 82 nagari di Agam, sebagian besar sudah melakukan pelayanan dengan menerapkan layanan berbasis elektronik,”  tambah Andri Warman.

Namun, untuk menerapkan SIMNag dalam rangka digitalisasi pemerintah nagari perlu pemanfaatan teknologi secara maksimal, sehingga Pemkab Agam berkolaborasi dengan Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi mewujudkan hal itu.

“Nagari sebagai episentrum pembangunan tentu sangat membutuhkan wali nagari  punya kemampuan manajerial, dalam mengelola sumber daya yang ada di nagari terutama SDM,” sebutnya.

Mengingat persaingan nagari ke depan akan semakin berat, maka ia ingatkan agar wali nagari tetap fokus terhadap peningkatan kapasitas aparatur pemerintah nagari dan Bamus.

“Dengan memanfaatkan teknologi, semoga ke depan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Agam jadi lebih baik,” harapnya.

Untuk itu, ia mengajak wali nagari beserta perangkat bekerja keras dan bertekad untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena ini menurutnya amanah yang harus di laksanakan.

Sementara itu, Ketua Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Unand, Dr Fauzan Misra menyebutkan, sosialisasi ini adalah salah satu tridarma perguruan tinggi di bidang pengabdian pada masyarakat.

BACA JUGA  Wagub Audy Puji Insiatif Pemko Jadikan Solok Kota Pendidikan

“Universitas hadir di tengah masyarakat ingin bersama-sama untuk membangun, yang dalam hal ini di level pemerintah nagari,” katanya. (AMC/Wewe)

Baca juga: Terkendala Masalah tata Ruang ,Kota Padang bangun sistem informasi “Siwastaru”

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakMaceting dan Teman Ceting, Inovasi Agam Tangani Stunting
Artikulli tjetërTenda dan AC Baru Sambut Jamaah Haji Indonesia di Armuzna