Diknas Sumbar Tetapkan Jadwal PPDB SMA, SMK dan SLB

523
menteri
SuhaNews. Melalui Surat Edaran Dinas Pendidikan (Diknas) Sumbar Nomor 422/937/PSMK-2020 tertanggal 2 Juni 2020, ditetapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri se Sumatera Barat akan mulai dilaksanakan Senin, 22 Juni, secara daring.

Khusus untuk pelamar SMK akan didahului dengan Tes Minat Bakat. Jika tidak ada aral melintang tes minat bakat tersebut akan dilaksanakan secara daring pada rentang 10 sampai dengan 18 Juni nanti.

Sedangkan untuk sekolah berasrama seperti tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan berbeda dengan sekolah umumnya. Pendaftaran dan seleksi sekolah berasrama akan dilaksanakan 16 sampai dengan 18 Juni. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi 19 Juni. Bagi pendaftar yang diterima, mereka bisa melakukan pendaftaran ulang 19 sampai dengan 21 Juni.

Berdasarkan surat edaran yang sama PPDB SMA, SMK, dan SLB Negeri tanpa asrama akan dilaksanakan beberapa tahap. Dimulai dengan tahapan Pra Pendaftaran pada 15 sampai dengan 18 Juni bagi lulusan sebelum tahun 2020, calon pelamar dari luar provinsi, dan lulusan paket B.

Selanjutnya baru masuk pada tahapan pendaftaran dan seleksi Jalur Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas Orang Tua dan Wali, yang akan diselenggarakan 22 sampai dengan 25 Juni. Pengumuman hasil seleksi 26 Juni, dan pendaftaran ulang bagi yang lulus 26 sampai dengan 28 Juni.

Guna memberikan kesempatan kepada calon pendaftar yang tidak terakomodir pada tahap pertama maka akan dilaksanakan pendaftaran dan seleski tahap kedua. Dimulai dengan Tes Minat Bakat khusus calon pelamar SMK pada 25 sampai dengan 28 Juni. Dilanjutkan dengan pendaftaran dan seleksi 29 Juni sampai dengan 1 Juli. Hasil seleksi akan diumumkan keesokan harinya, (2/7), dan dilanjukan dengan pendaftaran ulang 3 dan 4 Juli.

Selain jalur umum, pendaftaran SMA, SMK, dan SLB Negeri juga mengakomodir siswa-siswa yang berprestasi. Pendaftaran dan seleksi jalur prestasi akan diselenggarakan 6 sampai dengan 9 Juli. Pengumuman hasil seleksi pada 10 Juli. Pada hari yang sama dengan pengumuman dan keesokan harinya (11/7), pendaftar yang dinyatakan lulus harus mendaftar ulang.

Hari pertama masuk sekolah pada tahun ajaran 2020/2021 akan dilaksanakan 13 Juli. Namun, kepastian apakah akan dilaksanakan dengan tatap muka atau masih belajar dari rumah masih menunggu perkembangan wabah korona.

editor : Lim sumber : Topsatu. Com

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...