Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam Gelar Sosialisasi TPBIS

agam
Lubuk Basung, SuhaNews  – Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam menggelar Sosialisasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS), Selasa (31/5) di aula kantor bupati. 

Kegiatan ini secara resmi dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakat dan SDM, Aryati dan dihadiri oleh Bunda Literasi Ny. Yenni Andri Warman selaku narasumber dan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam Roza Linda.

Baca juga: Dinas Perpustakaan dan KPU Kota Solok Lakukan Kerjasama

“Program TPBIS ini merupakan program prioritas nasional yang bertujuan memperluas akses informasi melalui penguatan literasi demi terwujudnya kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat,” ujar Aryati.

Sosialisasi ini diikuti 30 orang terdiri dari wali nagari se-Kecamatan Lubuk Basung, KAN, Bamus, pengelola perpustaan dan anggota PKK kabupaten dan kecamatan.

Aryati berharap Pemkab Agam terus berupaya meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan perpustakaan. Terlebih di era teknologi dewasa ini perpustakaan harus mengambil peran menjadi salah satu pusat informasi dan pusat kegiatan masyarakat.

“Perpustakaan terbuka bagi siapa saja dari semua kalangan. Tidak ada batasan bagi masyarakat agar terwujud masyarakat yang berkeadilan dan dapat menuntaskan kemiskinan informasi,” jelas Aryati.

Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, Roza Linda, mengatakan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) bertujuan memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Kemampuan literasi meningkat yang berujung pada peningkatan kreativitas masyarakat dan menipiskan kesenjangan akses informasi,” ujar Roza Linda.

Fungsi perpustakaan bukan hanya sebagai pusat sumber informasi tetapi lebih dari itu sebagai tempat mentrasformasikan diri sebagai pusat sosial budaya dengan memberdayakakan dan mendemokratisasi masyarakat dan komunitas lokal, dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. (Finand)

BACA JUGA  55 Guru dan Pegawai Honorer di Kemenag Kab.Solok Terima Bantuan
Baca juga: Kepala Perpunas Akan Meresmikan Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Agam

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBupati Solok Terima Penghargaan Bebas Frambusia Tingkat Nasional
Artikulli tjetërDiakuisisi dari Roman Abramovic, Todd Boehly Jadi Pemilik Chelsea