Dinas Dukcapil Launching Inovasi Semakin Sedap dan Kak Tika

inovasi
Direktur Pencatatan Sipil Ditjen Dukcapil Kemendagri Dr. Handayani Ningrum lakukan Pemukulan Gong untyk menandai Launching Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Disdukcapil Kabupaten Solok
Arosuka, SuhaNews – Bupati Solok  H. Epyardi Asda menghadiri penandatanganan Nota Kesepakatan antara Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Pengadilan Agama Solok dan Dinas Dukcapil dalam acara Launching Inovasi Pelayanan Kependudukan, Kamis, 23 Juni 2022 di Gedung Solok Nan Indah Arosuka.

Kegiatan ini juga dihadiri ole Direktur Pencatatan Sipil Ditjen Dukcapil Kemendagri  Dr. Handayani Ningrum, SE, M.Si., Ketua Pengadilan Agama Solok  Zulfa Yenti, S.Ag, M.Ag., – Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok  H. Zulkifli, MM., Sekretaris Daerah Medison, S.Sos, M.Si., Asisten II Drs. Syahrial, MM., Kepala Disdukcapil Riki Carnova, SSTP, MM., Kepala OPD, Camat dan Walinagari se-Kabupaten Solok.

Baca juga: Saat Libur Lebaran, Disdukcapil Agam Layani Adminduk Pemudik

Kepala Disdukcapil Riki Carnova melaporkan bahwa acara Launching Inovasi dan Penandatanganan Nota Kesepakatan ini yaitu terkait program Setelah Menikah Semua Dokumen Dapat (Semakin Sedap) Bekerjasama dengan Kemenag Kab. Solok,

Selanjutnya, KK dan Akta Cerai Siap Seketika (KAK TIKA) Bekerjasama dengan Pengadilan Agama Solok, Melayani Akses Dokumen dari Rumah Via WA (MARAWA), dan Temukan Dokumen Kependudukan dan Download (TAKE DOWN) melalui aplikasi Take Down.

“Disdukcapil memiliki inovasi bagi yang telah menikah bisa langsung mendapatkan semua dokumen pernikahannya,” ujar Riki Carnova.

Untuk kepengurusan perubahan dokumen kependudukan, jelas Riki Carnova, sekarang bisa melalui media WhatsApp saja. Sementara aplikasi Take Down nantinya akan segera tersedia di PlayStore namun saat ini kita bisa Mendownloadnya melalui Website Resmi Disdukcapil.

Bupati Solok H. Epyardi Asda menyampaikan rasa syukurnya karena Disdukcapil telah menciptakan inovasi dalam hal administrasi kependudukan.

“Kita berikan apresiasi kepada Disdukcapil atas Inovasinya pada pelayanan administrasi Kependudukan ini,” ujar Epyardi Asda.

BACA JUGA  Gubernur Mahyeldi Kukuhkan Yayasan Waqaf Berkah Bersama Koto Sani

Bupati Solok mendorong semua OPD untuk memberikan inovasi untuk membawa Kabupaten Solok ke arah yang lebih baik.

“Dengan adanya inovasi ini, kita berharap semoga Visi Mambangkik Batang Tarandam Menjadikan Kabupaten Solok Terbaik dapat terwujud,” jelas Epyardi Asda.

Sementara  Direktur Pencatatan Sipil Ditjen Dukcapil Kemendagri Dr. Handayani Ningrum, SE, M.Si., mengatakan bahwa untuk administrasi kependudukan telah diberikan kemudahan karena sudah bisa dilakukan melalui media digital.

“Pencatatan Sipil sangat dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat karena setiap kegiatan yang dilakukan sangat membutuhkan dokumen kependudukan,” ujar Handayani Ningrum.

Untuk masyarakat yang tinggal di daerah terisolir, jelas Handayani Ningrum, kepada Walinagarinya diminta untuk membantu proses kepengurusan Administrasi Kependudukannya.

Ditjen Dukcapil sangat mendukung inovasi yang ada di Disdukcapil Kabupaten Solok. Selamat atas pencapaiannya menciptakan inovasi yang bisa membawa ke arah yang lebih baik. (Wewe)

Baca juga: Dinas Dukcapil Pessel Berikan Akte Kematian di Rumah Duka

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakGubernur Sumbar Sampaikan Beberapa Upaya Selamatkan Tenaga Honorer
Artikulli tjetërGeopark Silokek, Sijunjung Wakili Sumbar Menuju UNESCO Global