Dinas Pendidikan Gelar Kegiatan Penyusunan ARKAS Berdasarkan Profil Pendidikan

didik
Arosuka, SuhaNews – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok laksanakan kegiatan penyusunan dan pengimputan RKAS BOS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) SMP se-Kabupaten Solok untuk tahun 2023, Senin-Rabu, 21-23 November 2022 di SMP N 2 Kubung.

Kegiatan yang diikuti oleh 144 peserta, yang terdiri atas Bendahara BOS dan Operator SMP Kabupaten Solok, dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Anthony Salisa, S.E, M.Ec.Dev.

Baca juga: Rina Heroza, Perencanaan Salah Satu Kunci Sukses Rumah Tangga

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dr. Nila Kesumawati, S.Ag, M.Pd , Kasubag Keuangan Disdikpora, Meri Gusda Yuna, S.E.

“Kegiatan ini dilaksanakqn dalam rangka menindaklanjuti kebijakan Kementerian Pendidikan kebudayaan dan Ristek terkait dengan Perencanaan Berbasis Data (PBD),” jelas Anthony Salisa.

Nila Kesumawati dalam laporan menyampaikan bahwa Perencanaan Berbasis Data (PBD) adalah sebuah perubahan kebiasaan untuk mendorong satuan pendidikan menyusun kegiatan peningkatan capaian pembelajaran berdasarkan fakta.

“PBD adalah proses yang berkelanjutan dan terintegrasi dalam siklus perencanaan sekolah, melalui IRB  (Identifikasi, mengidentifikasi masalah berdasarkan indikator yang ditampilkan di dalam Rapor Pendidikan. Refleksi, melakukan refleksi capaian, pemerataan dan proses pembelajaran di sekolah. Benahi, melakukan pembenahan melalui perumusan kegiatan dalam bentuk Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS),” ujar Nila Kesumawati.

Sementara itu, Anthony Saliza mengingatkan agar semua peserta dapat mengikuti dengan serius kegiatan ini.

“Lakukan kerjasama yang baik antara Bendahara BOS dengan Operator Sekolah,” ujar Anthony Salisa.

Bendahara BOS dan Operator Sekolah, jelas Anthony Salisa, agar bersinergi untuk menyelesaikan pengimputan RKAS 2023 ke dalam ARKAS.

“PBD (Perencanaan Berbasis Data) merupakan hal yang sangat penting bagi sekolah dalam menyusun RKAS untuk meningkatkan mutu sekolah,” jelas Anthony Salisa.

BACA JUGA  Gerard Pique Pensiun, 14 tahun Sumbangkan 30 Trofi untuk Barcelona

“Bendahara dan operator sekolah menyerahkan dokumen PBD yang telah disetujui oleh Pengawas Sekolah dan Kepala Bidang Pembinaan SMP,” ujar Asben Joni Putra, S.Pd.I selaku Analis Sumber Daya Aparatur Muda Bidang SMP.

Output yang diharapkan dari kegiatan ini, jelasnya, berupa RKAS 2023 yang tertuang dalam ARKAS berdasar pada PBD. (Wewe)

Baca juga: Kota Tercepat di Sumbar, RAPBD Kota Pariaman TA 2023 Telah Disahkan

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakPiala Dunia 2022 Brasil Cukur Serbia 2-0, Portugal Vs Ghana 3-2
Artikulli tjetërWabup Iraddatillah Buka Seminar Kebangsaan MUI Sijunjung