Dipimpin Andri Defioka, Ketua Umum Lantik Pengurus APSI Sumbar

ketua
Serahterim tongkat estafet APSI Sumbar
Padang, SuhaNews – Pengurus Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Provinsi Sumatera Barat Periode 2021-2026 dilantik oleh Ketua Umum APSI Pusat Agus Sukoco, Senin (28/02/2022) di Hotel Truntum Padang.

Adapun Pengurus APSI yang dilantik yakni Ketua Umum Drs. Andri Defioka, M.Pd. Ketua 1, 2, 3 dan 4 yakni Drs. Nofiandri, M.Pd, Kusbiantoro, S.Pd, M.M, Azwar, S.Pd, M.Pd, dan Drs. Saldi Nafri, MA. Sekretaris Umum adalah Asliati, M.Pd. Sekretaris 1 dan 2 Drs.Yunisra, M. Kom, dan Ernia Devita, M.Pd. Bendahara Umum diamanahkan kepada Refnita, M.Pd dan Dra. Yusneli, M. Pd.

Koordinator Wilayah I : Fourindra Putra, S.Pd, M.Si. dan Zuldafwal, S.Pd. (Kota Padang, Kota Pariaman, Padangpariaman, Pesisir Selatan, dan Kepulauan Mentawai).

Baca juga: 60 Personil Satpol PP Padang Diturunkan Untuk Pengawasan Prokes di Mall

Koordinator Wilayah II : Saparuddin, S. Pd, M.Pd dan Mulya Hendri, M.Pd(Wilayah Kota Bukittinggi, Agam, Pasaman, dan Pasaman Barat). Koordinator Wilayah III: Syafryal, S.Pd dan Drs. Junaidi, MM (Wilayah Kota Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya, Kota Solok, Solok Selatan, dan Solok).

Koordinator Wilayah IV: Desem Sumat Jawatri, S. Pd dan Merizon Neldi, S. Pd (Wilayah Kota Payakumbuh, Kota Padangpanjang, Tanah Datar, dan Lima Puluh Kota).

Kepengurusan APSI juga dilengkapi dengan Biro dan Bidang, terdiri dari Biro Organisasi (dibantu 4 bidang dan sejumlah 16 personalia), Biro Pemberdayaan dan Peningkatan Profesionalisme Pengawas Sekolah/Madrasah (dibantu 6 bidang sejumlah 24 personalia).

Biro Peningkatan Kesejahteraan Pengawas Sekolah/Madrasah (dibantu 4 bidang sejumlah 16 personalia), Biro Hubungan Masyarakat (dibantu 2 bidang yaitu Hubungan Kerjasama Regional dan Penerbitan Media Cetak dan Jurnal Ilmiah sejumlah 8 personalia).

“Pengawas sekolah diharapkan mengawal pelaksanaan pendidikan di sekolah. Peran strategis pengawas sekolah dapat meningkatkan motivasi guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas,” ujar Ketua Umum APSI Pusat, Agus Sukoco.

BACA JUGA  125 Anak Yatim Terima Bantuan dari UPZ Nagari Sulit Air

ketuaPengurus APSI Sumbar yang baru, jelas Agus Sukoco, dimita menyusun program strategis dengan skala prioritas untuk meningkatkan kompetensi pengawas sekolah.

“Pengawas sekolah dalam melaksakan tugas diharapkan dapat berperan sebagai motivator, pembimbing, pembina guru di sekolah binaan,” jelas Agus Sukoco.

APSI Pusat, jelas Agus Sukoco, mengajak pengawas sekolah di Sumbar untuk aktif menulis karya ilmiah agar bisa menjadi pengawas utama.

“Pengurus APSI Pusat akan memfasilitasi pengawas sekolah di Indonesiia untuk seminar pada forum ilmiah pengawas secara nasional,” jelas Agis Sukoco.

Pengawas sekolah asal Sumbar yang sudah menjadi pengawas utama di antaranya Muchrizal, sudah golongan IV/d., Pengawas SMK Kota Bukittinggi, Kemudian Pengwas SD Kota Bukittinggi M. Aswir., lalu Pengawas sekolah SMP Kota Padang yaitu Jupen, pangkat Pengawas Utama Madya, IV/d, serta Sudirman, pengawas SMP Padang Pariaman.

“Mereka telah dilantik oleh Sekretaris Daerah masing-masing. Mereka secara sah akan pensiun pada usia 65 tahun.

Ketua Umum APSI Sumbar terpilih Andri Defioka menyatakan kesiapannya melanjutkan program APSI lima tahun ke depan.

“Pengawas sekolah akan mampu menghadapi tantangan dalam melaksanakan tugas di daerah masing-masing,” jelas Andri Defioka.

“Tiap tahun pengawas sekolah pensiun sementara pengangkatan yang baru tidak ada,” jelas Andri Defioka.

Tahun ini, jelasnya, akan berkurang lagi 10 persen (72 orang) karena memasuki masa pensiun. Kini anggota APSI Sumbar tercatat berjunlah 727 orang terdiri atas pengawas TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SLB, dan SMK.

Ketua Panitia Pelantikan APSI Sumatera Barat dan Seminar Nasional. Dr. Yuni Cendrikawaty melaporkan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerjasama panitia dan kontribusi berbagai pihak.

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Sumatera Barat diwakili Kepala Dinas Pendidikan Suryanto. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Zulfikri Anas.

BACA JUGA  Kunjungi Kampung Tageh Talang Babungo, Bupati Solok Tinjau UMKM

Agus Sukoco maupun Zulfikri Anas sekaligus sebagai narasumber dalam seminar nasional yang mengangkat topik Bedah Kurikulum Merdeka untuk Menyongsong Paradigma Baru dan Peran Pengawas Sekolah/Madrasah ini.

Di sesi terakhir, tampil Rosilawati, Bendahara Umum APSI Pusat untuk memotivasi pengawas sekolah untuk mau menghasilkan karya tulis ilmiah untuk kenaikan pangkat.

“Dalam waktu dekat, kita akan melaksanakan rapat kerja untuk penyusunan program kerja,” ujar Andri Defioka. (Wewe)

Baca juga: Bertemu PGRI, Kadisdikbud Pasaman Barat Ajak Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBupati Solok Bersama Tiga Kepala Daerah Tinjau Gempa Pasaman Barat
Artikulli tjetërPiala Liga Inggris: Liverpool Juara, Kelleher Kiper Top