Durian Sawah Kandang, Ikon Nagari Salayo dari Batu Palano

Durian Sawah Kandang, Ikon Nagari Salayo dari Batu Palano
SuhaNews– Durian Sawah Kandang, salah satu icon nagari Salayo kecamatan Kubung Kabupaten Solok yang tidak bisa dilewatkan oleh pencinta buah-buahan khususnya durian, sebab Durian Sawah Kandang mempunyai ciri khas tersendiri yang sangat memanjakan lidah pencintanya, selain itu juga durian ini berbuah 2 sampai 3 kali dalam setahun.

Durian Sawah Kandang, Ikon Nagari Salayo dari Batu Palano 1

 

Khususnya di jorong Batu Palano musim durian adalah musim yang sangat di tunggu-tunggu oleh pemilik parak (kebun) dan para pencinta Durian, selain mempunyai nilai ekonomi, selama musimnya susana parak sangat berbeda sekali yang biasanya parak hanya di huni 5 sampai 7 jam sehari selama musim durian parak di huni selam 24 jam nonstop.

Bukan itu saja masing-masing parak di tandai dengan pondok-pondok untuk menunggui durian yang di hiasi perapian yang menambah susana parak menjadi ramai, bahkan untuk menjadi penghuninya di bagi piket bergantian, tak hanya keluarga sanak family lain juga pun mau ikut saking serunya susana di musim durian.

Reno salah seorang penampung (toke) durian di salah satu pangkalan yang ada di Mato Aia Sawah Kandang jorong Batu Palano saat di jumpai SuhaNews menjelaskan bahwa

” Dalam satu bulan ini kurang lebih 5 ton durian asal jorong batu palano sudah di exspor ke luar daerah sumbar, seperti Medan, Jambi dan Pekanbaru ” jelas Reno.

Dalam satu hari masing-masing pangkalan yang ada, bisa 2 sampai 3 kali muat mobil pickup durian, dari berapa mobil yang datang menjemput kebanyakan durian yang di jemput untuk kebutuhan industri, umkm dan untuk di jual kembali di daerahnya masing-masing.

Durian Sawah Kandang, Ikon Nagari Salayo dari Batu Palano 2

Ditemui terpisah kepala jorong Batu Palano Okta Mulyadi menjelaskan bahwa durian di Sawah KAndang sekitarnya dari dulunya memang slalu di tunggu-tunggu oleh pencinta durian maupun industri yang membutuh durian, karna durian di jorong batu palano sangat beda dengan durian yang ada di daerah lain sehingga sangat di buru sekali.

BACA JUGA  H. Donny Indra Dt. Rajo Diaceh, SH LLM kembali terpilih sebagai Ketua KAN Salayo

“Sudah biasa di lihat selama musim durian semua parak di jorong Batu Palano itu ramai selama 24 jam nonstop” Ungkap pak jorong

Di penghujung pembicaraan Okta Mulyadi berharap kepada masyarakat jorong Batu Palano yang memiliki kebun durian supaya tetap menjaga kelestarian durian Sawah Kandang dengan merawat dengan baik,melakukan peremajaan dan pembibitan masing-masing jenis durian yang ada di jorong Batu Palano sehingga keberadaan durian yang menjadi salah satu icon nagari Salayo ini akan tetap terjaga .

Selain itu masyarakat juga di tuntut untuk berinovasi dalam pemasaran durian, umpanya dengan mebuat paket Wisata hunian durian dengan konsep Camping Grund , Glamping atau pun podok -pondok durian se rasa villa dengan fasilitas yang sangat menarik yang ber temakan durian. Lim

Baca juga:

 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBahas UMMY Solok, Wawako Ikuti FGD Bersama Perantau
Artikulli tjetërGubernur Mahyeldi Buka Bimbingan Teknis Calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji