DWP Kanwil Kemenag Sumbar Gelar Halal bi Halal Virtual

181
kanwil
SuhaNews. Pemberlakukan aturan protokol kesehatan selama pandemi, bukan berarti membatasi silaturrahmi. Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Sumbar tetap menggelar halal bi halal, walau secara daring atau virtual sebagai pengganti berkumpul dan tatap muka langsung.

Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar Hj. Bahirni Hendri memimpin halal bi halal virtual ini, Selasa (9/6). Kegiatan ini diikuti oleh masing-masing Ketua DWP Kemenag Kab/Kota didampingi pengurus DWP setempat. Walau berlangsung secara online, khidmat acara tidak berkurang.

Dalam sambutannya, Ny. Hj. Bahirni Hendri sampaikan rasa terimakasihnya atas dukungan yang diberikan seluruh partisipan dan pihak terkait (fasilitator zoom) sehingga acara tersebut terlaksana sebagaimana mestinya.

Hj. Bahirni menyampaikan kegiatan tersebut selain menjalin tali silaturahmi pasca Ramadan juga ditujukan untuk mendengarkan laporan dari masing-masing Ketua DWP tentang perkembangan kegiatan Dharmawanita di daerah masing-masing selama pandemi dan pemberlakuan PSBB.

Ia juga berharap semoga acara tersebut tidak mengurangi makna silaturahmi yang ingin dicapai walaupun tidak berjabat tangan dan bertatap muka secara langsung.

Berita Terkait : DWP Kanwil Kemenag Sumbar Salurkan Bantuan Peduli Covid-19

Menyikapi hal tersebut, Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri mengapresiasi Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar dan jajaran yang selalu menggagas kegiatan yang positif dan membangun seperti Halal Bihalal Virtual sehingga menambah nilai lebih terhadap kehadiran Dharmawanita ditengah-tengah institusi.

“Semangat silaturahmi yang dimiliki ibu-ibu Dharmawanita ini patut dicontoh karena setelah dicek di seluruh provinsi, hanya Dharmawanita Persatuan Kemenag Sumbar yang berinisiasi melaksanakan silaturahmi secara daring ini. Semoga semangat-semangat positif seperti ini terus bertahan dan berkembang sehingga menjadikan DWP Kemenag Sumbar semakin maju dan solid hendaknya,” tutur H. Hendri.

Kakanwil ajak seluruh partisipan untuk memaknai Idul Fitri kali ini dalam konteks yang seluas-luasnya, pertama: kembali kepada fitrah atau kembali kepada kesucian baik hati, pikiran dan perilaku. Kedua, kembali taqarub ilallah. Ketiga, kembali mutaqin. Keempat, kembali meraih kemenangan. Kelima, kembali bangkit dari keterpurukan menuju kesuksesan. Keenam, kembali kepada visi misi kita sebagai hamba Allah SWT. Ketujuh, kembali merajut silaturahmi seperti yang dilakukan DWP Kemenag Sumbar.

Menurut alumni canduang itu, ada lima hakikat Halal Bihalal. Pertama, fa’fu wasfahu yaitu saling memaafkan. Kedua, terhapusnya rasa dendam. Ketiga, menambah erat silaturahmi. Keempat, terbinanya ukuwah islamiyah. Terakhir, semakin kokohnya persatuan dan kesatuan.

Pada kesempatan tersebut Kakanwil juga sampaikan ucapan selamat bergabung kepada Ketua DWP Kota Bukittinggi Ny. Erni Kasmir, Kota Solok Ny. El Eri Iswandi dan Kab. Limapuluh Kota Ny. Rina Naharudin yang baru saja menduduki posisinya beberapa bulan ini pasca dilantiknya para suaminya sebelum Ramadan. Termasuk ibu-ibu Wakil Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar yaitu Ny. Engla Rinalfi (Kabid Pakis), Ny. Yenti Joben (Kabid PHU) dan Ny. Pipit Edison (Kabid Urais).

Kakanwil berharap dengan kehadiran wajah-wajah lama posisi baru di jajaran DWP Kemenag Sumbar tersebut bisa berkontribusi positif terhadap perkembangan Dharmawanita kedepan yang mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi seluruh keluarga besar Kemenag Sumbar.

Ia menambahkan, bersemangat/sukses atau tidaknya Kepala Kankemenag Kab/Kota yang di Sumbar dipengaruhi peran aktif Ketua DWP selaku pendampingnya. “Kita bisa membandingkan ketika ada Kankemenag yang maju pesat dan banyak melakukan perubahan (inovasi) ternyata dikarenakan mendapat dukungan penuh istri tercinta yang notabenenya ibu-ibu Ketua DWPnya masing-masing,” tukuknya.

Dalam kegiatan ini, masing-masing DWP Kantor Kemenag Kabupaten dan Kota juga melaporkan kegiatan selama pandemi dan pemberlakukan protokol kesehatan di masing-msing daerah.

editor : Moentjak sumber : Sumbar.Kemenag.go.id

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...