Eko Yuli, Satu-satunya Atlet Indonesia Yang Meraih Empat Medali Olimpiade

atlet
Raih medali pada olimpiade empat lali berturut-turut
SuhaNews – Eko Yuli Irawan menjadi satu-satunya atlet Indonesia  yang mampu menyumbangkan medali untuk Merah Putih, selama empat kali penyelenggaraan olimpiade secara berturut-turut sejak 2008.

Medali perak dari Olimpiade Tokyo merupakan medali keempat yang disumbangkannya sejak Olimpiade Beijing 2008.

Di Beijing ia meraih medali perunggu. Pada 2012 Medali perunggu kembali ditorehkan di London. Kemudian Eko meraih medali perak saat tampil di Rio de Janeiro 2016 dan Olimpiade Tokyo 2020 kembali menyumbangkan medali perak untuk Merah Putih.

Torehan medali perak di Olimpiade Tokyo 2020. ini Artinya, menjadikan Eko mampu meraih medali dari empat gelaran Olimpiade yang diikutinya berturut-turut.

Baca juga: Atlet Tanah Datar Persembahkan 4 Emas dari Taekwondo Walikota Pariaman Cup I

Tampil di Tokyo International Forum, Minggu (25/7/2021), Eko hanya membukukan total angkatan 302 kg, dari angkatan snatch 137 kg dan 165 kg angkatan clean and jerk di kelas 61 kg.

Eko Yuli Irawan sejatinya bisa menorehkan tinta emas asal di angkatan clean and jerknya tidak gagal. Mulus di angkatan pertama dengan 165 kg, tapi lifter berusia 31 tahun ini gagal di angkatan kedua dan ketiganya dengan berat 177 kg.

Lifter asal Lampung ini pun harus puas berada di peringkat dua, dilewati Li Fabin, lifter asal China, yang berhasil membukukan angkatan 313 kg. Rinciannya, 141 kg untuk angkatan snacth dan 172 kg angkatan clean and jerk.

Meski hanya meraih medali perak, faktanya Eko adalah salah satu atlet Indonesia yang paling sukses sepanjang keikutsertaan Indonesia di Olimpiade.

“Alhamdullilah senang banget karena ini suatu kebanggaan bagi para atlet dan ini multievent terbesar di dunia yang didambakan semua atlet. Saya dapat berapa kali ikut Olimpiade sangat senang banget,” kata Eko. (*)

BACA JUGA  Rooney Kesal dengan Pemotongan Gaji Pemain Liga Inggris

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020, Hadapi Meksiko, Jepang Hadapai Lawan Berat

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaBuya Maksum Malim Wafat, Diniyyah Puteri Padang Panjang Sampaikan Belasungkawa
Artikel berikutnyaMonumen Avro Anson RI 003 di Nagari Gadut, Tilatang Kamang Dibersihkan