Embung Tabek Lanyek Lembang Jaya Ditinjau Dinas PSDA Sumbar

190
tabek
Arosuka, SuhaNews. Kepala Bidang Bina Tekhnik Dinas PSDA propinsi Sumbar Sri Murni.ST didampingi Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR kab.Solok Nopelius.ST.MT bersama Walinagari Batu Bajanjang kec. Lembang Jaya Kab. Solok Ulil Amri dan anggota DPRD kab.Solok dari Batu Bajanjang Mulyadi meninjau potensi Objek Wisata Baru Embung Tabek Lanyek Kamis (08/10/20).

tabek

Nopelius mengatakan bahwa Konsep pariwisata murah meriah atau low cost tourism kian digemari di tengah lesunya perekonomian nasional. Seiring dengan fenomena tersebut, makin banyak pula tempat-tempat wisata baru dengan biaya yang sangat terjangkau. Salah satu objek yang mau di kembangkan sebagai tempat wisata murah meriah adalah Embung Tabek Lanyek”,ucapnya.
Menurut Nopelius Sekian lama embung hanya dianggap sebagai penampung air hujan saja, kini keberadaan Embung Desa mulai dilirik sebagai potensi pariwisata yang menjanjikan. Tak terkecuali dengan Embung Tabek Lanyek yang berada di Lokasi Batu Bajanjang ini”,pungkasnya.

Ia juga mengatakan, anggaran untuk menjadikan Embung sebagai tempat wisata memang membutuhkan Dana yang cukup besar. Karena tidak hanya sebatas Embung saja, tetapi pihaknya membangun Embung dengan konsep pembangunan Embung wisata desa.

“Jika hanya dengan Dana Desa, kemungkinan besar tidak akan kuat melengkapi wahana wisata. Makanya perlu dibantu oleh pemerintah Kabupaten, Propinsi maupun dana Pusat”,tuturnya

kita berharap pemerintah Propinsi bisa mengembangkan Embung ini kedepannya karna Embung Tabek Lanyek ini cukup potensial dikembangkan baik untuk cadangan air irigasi maupun untuk wisata dan perikanan”, tutupnya.

Menurut Wali Nagari Batu Bajanjang Ulil Amri bahwa Program Embung Desa, dinilai sudah menjalankan Instruksi Presiden nomor 1 Tahun 2018 tentang percepatan pembangunan Embung desa. Namun demikian, Ulil Amri melihat pembangunan Embung tersebut juga bisa menjadi wisata desa. Oleh karena itu, dia akan mengusulkan ke pemerintah pusat agar program embung didukung dengan anggaran pembangunan wahana wisata”,jelasnya.

“Pembangunan Embung itu bisa multi fungsi. Tidak hanya sebagai penunjang kebutuhan air untuk lahan pertanian disaat kemarau, tetapi juga bisa dikemas pembangunannya sebagai sarana wisata desa,” ujar Ulil

“Jika pihak desa mengusulkan apa yang menjadi kebutuhan penunjang wisata embung desa ini, tentu kami sangat merespon dan mudah-mudahan bisa direalisasi,” ucapnya.

Selain itu menurut Ulil Pembangunan sarana penunjang wisata embung itu di antaranya pembangunan RTH Ruang Terbuka Hijau, Tempat bermain Anak, kolam renang anak – anak dan dewasa,serta pendukung wahana wisata lainnya.

tabek

Untuk menuju ke Embung Tabek Lanyek bisa masuk ke Bukit Sileh menuju Batu Bajanjang kata Wali Nagari menambahkan,
namun sebenarnya Embung Tabek Lanyek berada pada ruas jalan Sukarami -Batu Bajanjang tapi karena kondisi jalan dari sukarami belum tuntas di aspal sehingga sulit dilewati oleh kendaraan, maka untuk sementara melewati jalur Bukit Sileh karna kondisi jalan disana sudah mulus bahkan kendaraan roda 4 bisa sampai ke pinggir Embung tersebut”,ungkapnya.

“Jika kondisi jalan sukarami -Batu Bajanjang sudah selesai di aspal maka hanya butuh 15 menit dari pusat pemerintahan kab.Solok di Arosuka menuju lokasi Embung Tabek Lanyek”,tutupnya.

reporter : Dedi editor : Moentjak

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...