Empat Guru MAN 1 Pasaman Ikuti Diklat Calon Kepala Madrasah

Pasaman, SuhaNews. Empat guru MAN 1 Pasaman mengikuti Diklat/ Pelatihan Calon Kepala Madrasah (Kamad) yang berlangsung dari tanggal 13 September sampai dengan sampai dengan 9 November 2021 secara daring.

Keempat Guru tersebut adalah Zulhafdi yang sekarang mendapat tugas tambahan sebagai Wakil Bidang Kurikulum, Irfan Syafi’i yang saat ini mendapat tugas tambahan sebagai Wakil Bidang Kesiswaan, Yani Silvia yang sekarang sudah dapat tugas tambahan sebagai Wakil bidang Sarana Prasarana dan Alber Guru MAN 1 Pasaman yang periode sebelumnya juga mendapat tugas tambahan sebagai Wakil Sarana Prasarana.

Kepala MAN 1 Pasaman Darwin Senin (11/10) menyampaikan pelaksanaan Diklat Calon Kepala Madrasah tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam bekerjasama dengan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Lanjutnya, diklat diikuti oleh 40 orang peserta dilaksanakan dengan dua pola yakni On the Job Training (OJT) dengan sistem daring menggunakan zoom dan In Service Traning (IST) yakni dengan sistem tatap muka.

Diterangkan Darwin materi dan aktivitas belajar yang diterima oleh peserta diklat meliputi: Pendalaman Materi Kepemimpinan Pembelajaran, Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan, Manajerial dan Kewirausahaan, Identifikasi Masalah Pembelajaran, Perumusan Ide/ Gagasan Inovasi, Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian, Rencana Kerja Madrasah, Pengembangan Kewirausahaan, Pengembangan Madrasah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan, Pengelolaan Sumberdaya Madrasah dan Administrasi Madrasah, Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan, Rencana Tindak Lanjut kepemimpinan yang meliputi Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian dan beberapa materi terkait lainnya yang bersifat praktek.

Dikonfirmasi, keempat peserta diklat dari MAN 1 Pasaman tersebut menyampaikan hal senada dan merasa bahwa diklat ini sangat besar manfaatnya dalam pengembangan diri katrena banyak ilmu dan Pengetahuan yang di peroleh.

BACA JUGA  Bupati Solok Serahkan Bonus MTQ dan Biaya Pendidikan ke Universitas Al Azhar Cairo

Darwin menyampaikan bahwa ia selalu mendorong Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MAN 1 Pasaman untuk terus-menerus mengembangkan diri dan karir, jangan merasa puas dengan satu capaian. Akan tetapi sebagai Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan harus terus berpikir, berkarya dan berinovasi.

Salah satu perwujudannya dilakukan Darwin dengan mengusulkan dan memberi kesempatan kepada Tenaga Pendidik untuk mengikuti Diklat Calon Kepala Madrasah. Yul|Yusuf

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaHafifah dan Almar Terpilih Sebagai Cik Uniang Cik Ajo Kota Pariaman Tahun 2021
Artikel berikutnyaWalikota Gandeng Polres Pariaman dan Unisbar untuk Gencarkan Vaksinasi