Festival Gadih Minang Marandang, 3 Team Madrasah Unjuk Prestasi

Festival Gadih Minang Marandang, 3 Team Madrasah Unjuk Prestasi
Bukittinggi, SuhaNews – Festival Gadih Minang Marandang memberikan kesan tersendiri bagi keluarga Madrasah se-Kota Bukittinggi.  Bagaimana tidak karena dari kegiatan yang diikuti 28 SMP serta 12 SMA se-Kota Bukittinggi menempatkan tiga kelompok utusan Madrasah meraih prestasi dalam Festival Gadih Minang Marandang yang di gelar Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi di pelataran taman Jam Gadang beberapa waktu lalu.

Rendang atau randang dalam bahasa Minangkabau merupakan masakan yang khas berbahan dasar daging, berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama dengan menggunakan aneka rempah-rempah dan santan.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada pendamping yang telah mendampingi siswi MTsN 2 Bukittinggi sehingga meraih prestasi juara I pada ajang Gadih Minang Marandang yang diadakan Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi. Ini merupakan moment yang sangat menginspirasi generasi muda khususnya siswa/i MTsN 2 Bukuttinggi untuk lebih mencintai budaya dan tradisi Minangkabau serta melestarikannya. Apalagi dimasa sekarang ini banyak generasi muda yang tertarik untuk mencintai dan mempelajari budaya dari luar,” tuturnya kepala MTsN 2 Bukittinggi, Fakhri, Rabu (25/04).

“Kami juga berharap melalui iven ini dapat melahirkan generasi muda khususnya di MTsN 2 Bukittinggi untuk tidak hanya bisa menikmati rasanya tapi juga paham dengan cara dan proses pengolahannya,” harap Kepala Madrasah yang enerjik ini.

Guru pendamping, Sri Rahmi Putri dan Rahmi Anwar berharap kedepannya agar kembali diadakan event seperti Gadih Minang Marandang.

“Kegiatan Gadih Minang Marandang memang keren. Kita berharap bukan hanya rendang, tapi bisa saja makanan khas daerah lain untuk pengenalan kepada generasi muda. Apalagi sekarang anak-anak muda lebih menganggap keren minuman boba dari pada “cindua langkok”.dan semoga saja ini menjadi even tahunan,” harap Sri Rahmi Putri.

BACA JUGA  Padang Panjang Alokasikan DID untuk Susu Segar Gratis bagi 1881 Santri

Hal senada juga disampaikan Rahmi Anwar dengan mengikuti Festival Gadih Minang Marandang, sebagai remaja/ gadih minang hendaknya tertantang untuk kebahagiaan mengenal masakan atau makanan khas daerah lainnya.

Afifatil Fudhla dan Aisyah Fachra siswa yang jadi pemuncak pada event Gadih Minang Marandang mengakui. “Tidak dapat dipungkiri saat ini sesuai perkembangan zaman para remaja termasuk kami jarang membantu orang tua didapur, apalagi memasak masakan khas daerah kita yaitu randang yang prosesnya memakan waktu yang lama,” kata Afifatil Fudhla.

Ditambahkan Aisyah Fachra “Mudah-mudahan event seperti ini terus ada dengan jenis makanan tradisional lainnya sehingga generasi muda bisa mengetahui dan dapat memasak makanan khas daerah sebagai warisan nenek moyang kita,” tambahnya.Yal

Berita Terkait:

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakTergabung di Kloter 4 Embarkasi Padang, 82 CJH Kab. Solok Berangkat 6 Juni
Artikulli tjetërMiliki Ganja, Warga Sumanik Dirangkap Satres Narkoba Polres Tanah Datar