Festival Takbiran X Meriahkan Idul Fitri 1443 H di Nagari Simpuruik

Festival Takbiran X Meriahkan Idul Fitri 1443 H di Nagari Simpuruik
Batusangkar, SuhaNews – Masyarakat Simpuruik Batusangkar Kabupaten Tanah Datar tahun ini kembali menggelar festival takbiran, memeriahkan bulan puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Bertemakan Takbir Beast Everything (Takbir mengalahkan segalanya), suasana gegap gempita takbir memukau para perantau yang pulang kampung dan menghadiri festival tersebut.

Sabtu 1 Mei 2022 Sebanyak 12 Grup se-Sumatera Barat ikut tampil memeriahkan Gema Takbiran ini. Festival takbir tersebut dilaksanakan setiap tahun sejak 2012 lalu. Diinisiasi anak nagari dan diilaksanakan oleh Remaja Masjid Nurul Huda Simpuruik, bertujuan untuk terus membangkitkan semangat takbir menyambut Idul Fitri dan kebahagiaan bagi perantau yang pulang kampung.

Festival Takbiran X Meriahkan Idul Fitri 1443 H di Nagari Simpuruik 1

Wali Nagari Simpuruik, Syahrial menuturkan, Simpuruik menjadi pelopor terlaksananya festival takbiran di Batusangkar, mengundang grup takbiran se-Sumatera Barat. “Kegiatan itu sekaligus menjadi ajang silaturahim dan menyambut Idul Fitri,” tuturnya.

Kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu dekade itu mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Tanahdatar.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten TanahDatar Anton Yondra menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya festival tersebut. Dia mengakui bahwa festival itu merupakan kegiatan unggulan dalam bulan Ramadan di Tanahdatar.

Dia juga menyampaikan apresiasi anak nagari dan Remaja Masjid Nurul Huda Simpuruik yang selalu sukses melaksanakan festival takbiran setiap tahun. Ia berharap hal itu menjadi percontohan bagi masjid lainnya di daerah itu.

Festival Takbiran X Meriahkan Idul Fitri 1443 H di Nagari Simpuruik 2

Festival Takbiran Nagari Simpuruik ke-10 itu dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV, iswen. Dia berharap festival tersebut dapat dipertahankan untuk dilaksanakan setiap tahun. “Ini akan membangkitkan semangat Islami kepada para milenial, sebab mereka adalah generasi penerus bangsa dan penerus agama,” kata Iswen. (yovinaldo)

Berita Terkait :

Facebook Comments

BACA JUGA  Sekda Padang Panjang Pimpin Rapat Persiapan Idul Fitri 1443 H
loading...
Artikulli paraprakSatu Keluarga Tewas Akibat Toko Aksesoris Motor Terbakar
Artikulli tjetërIrjen Dedi Prasetyo: Jumlah Kendaraan Mengarah ke Trans Jawa Turun 6 Persen