Gelar Alek Kaua, Bupati Epyardi Asda Disambut Masyarakat Sianggai-Sianggai

bupati
Sariak Alahan Tigo, SUhaNews – Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda Dt Sutan Majo Lelo, M. Mar dan  Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi menghadiri acara baralek Kaua ke-85 di Jorong Sianggai-Sianggai Nagari Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti, Jumat (15/07/2022).

Dalam kesempatan ini juga hadir anggota DPRD, Asisten II Drs. Syahrial, MM, Kepala OPD, Camat Hiliran Gumanti Fahrizal, Camat Lembah Gumanti Zulbakti, Forkompimcam, Walinagari Sariak Alahan Tigo Baharuddin, Ketua KAN dan BPN Se-Kecamatan Hiliran Gumanti, Tokoh-tokoh Agama dan Adat serta Masyarakat  Nagari Sariak Alahan Tigo.

Baca juga: Gong Kembali Dipukul, Masyarakat Nagari Muaro Gelar Bakaua Adat

“Sebagian besar anggaran pada tahun 2023 akan diarahkan untuk bantuan perbaikan jalan milik Kabupaten yang ada di Kabupaten Solok,” ujar Epyardi Asda.

Bpati Solok bersama rombongan melihat secara langsung kondisi jalan Alahan Panjang- Sariak Alahan Tigo, terutama dari Talang Babungo ke Sianggai-Anggai, Sarial Alahan Tigo yang rusak parah.

Dalam kesempatan ini, Bupati Solok melakukan temu ramah dengan para Guru yang bertugas di Nagari Sariak Alahan Tigo, yang dipusatkan di SD Negeri 10 Sariak Alahan Tigo.

“Saya diberi amanah sebagai Bupati,tidak terlepas dari didikan guru-guru yang hebat,” ujar Bupati Epyardi Asda.

Dalam laporannya Ketua pelaksana Alek Kaua menyampaikan bahwa kegiatan

“Baralek Kaua merupakan tradisi yang dilaksanakan secara turun-temurun sebanyak 85 kali,” ujar Wali Nagari Sariak Alahan Tigo, Baharuddin.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga persatuan dan kebersamaan dalam masyarakat Nagar. Baralek kaua ini berlangsung selama dua hari di Jorong Sianggai-Anggai.

Bupati Solok H. Epyardi Asda menyampaikan rasa bangga dan senang atas antusiasme masyarakat dalam melaksanakan tradisi adat yang telah ada sejak zaman dahulu.

BACA JUGA  5 Kali Opini WTP Berturut, Kota Solok Terima Piagam dan Plakat

“Kegiatan Alek Kaua ini juga merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT,” ujar  Bupati H. Epyradi Asda.

Sementara Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi mengapresiasi kegiatan Alek Kaua ini.

“Mohon doa dan dukungannya agar saya senantiasa selalu terjaga dan bisa lancar dalam memperjuangkan aspirasimasyarakat di Pemerintahan Pusat” ujar Athari Gauthi Ardi.

Pada kesempatan ini, Bupati Solok H. Epyardi Asda membagikan santunan kepada kurang lebih 100 orang anak yatim di Nagari Sariak Alahan Tigo.

Bupati Solok bersama Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi juga melakukan penandatanganan prasasti program kegiatan peningkatan tata guna air irigasi (P3-TGAI) yang dibawa oleh Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi.

Athari Gauthi Ardi memberikan program bedah rumah kepada masyarakat jorong Sianggai-Sianggai sebanyak 10 uni dan 3 bantuan P3-TGAI. (Wewe)

Baca juga: Sariak Laweh Gelar “Bakaua” Cegah Covid-19

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBupati Solok Serahkan Gajinya untuk Anak Yatim
Artikulli tjetërTinggalkan Bayern Munich, Lewandowski Merumput di Barcelona