Gerakan Menuju 100 Smart City, Padang Bertekad Raih Predikat Platinum

city
SuhaNews– Kota Padang tengah dinilai oleh Kementerian Kominfo RI. Kota Bingkuang itu disigi selama dua hari ini, apakah termasuk kota cerdas (Smart City) atau tidak. Pemko Padang pun bertekad meraih predikat bergengsi.
“Iya, kita tentunya bertekad dalam penilaian ini mampu meraih predikat sebagai kota cerdas utama atau platinum,” ucap Kepala Dinas Kominfo Padang Rudy Rinaldy, Kamis (27/5/2021).

Penilaian yang dilakukan Kemenkominfo RI dilakukan selama dua hari, 27-28 Mei 2021. Pada hari pertama, Kemenkominfo RI memberikan bimbingan tentang Smart City kepada Pemko Padang. Sedangkan pada hari kedua, PIC diberi tugas menjelaskan kepada Kemenkominfo terkait aplikasi dan upaya dalam mencerdaskan masyarakat lewat platform digital.

“Ini adalah penilaian model baru. Kita harapkan PIC bisa memahami tugas yang diberikan,” harap Rudy.

Rudy menyebut, selama ini Pemko Padang sudah memanjakan masyarakat. Mulai dari sisi digitalisasi, termasuk mencetuskan program yang sifatnya infrastruktur.

“Dari pemaparan Kemenkominfo RI tadi, kita dinilai cukup baik,”katanya.

Enam inisiatif pembangunan Smart City Kota Padang yakni “Smart Governance”, “Smart Branding”, “Smart Economy”, “Smart Living”, “Smart Society”, serta “Smart Environment”. Untuk “Smart Governance”, Kota Padang mengusung aplikasi e-Kelurahan. Sedangkan untuk “Smart Branding” mengusung Kampung Kreatif dan Kampung Tematik.

“Smart Economy”mengusung QRIS di Pasar Raya Padang. Lalu “Smart Living”dengan mengusung “Kelas Imud” milik Puskesmas Padang Pasir. Selanjutnya “Smart Society”dengan “Kongsi Covid”, serta “Smart Environment”dengan mengusung “Bank Sampah”.

Dua item dibedah pada siang harinya. Keduanya yakni “Kelas Imud” serta “e-Kelurahan”. Kedua aplikasi itu dibedah oleh Andriani Grahitandaru dari Keenkominfo RI. Termasuk memberikan arahan bagaimana cara pengisian manajemen risiko aplikasi tersebut.

Kegiatan Tinjauan Lapangan Gerakan Menuju 100 Smart City itu dibuka Wali Kota Padang yang diwakili Asisten III Didi Aryadi. Penilaian lapangan juga akan dilakukan pada Jumat (28/5/2021). Penilaian dilaksanakan di enam titik.Rel

BACA JUGA  Pelaku Begal di jalan Padang - Painan Dibekuk Polisi

Berita terkait:

Facebook Comments

loading...