Gubernur Mahyeldi Ansharullah Tinjau Sungai Batang Jalamu

gubernur
Pesisir Selatan, SuhaNews – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah bersama Anggota DPRD Pesisir Selatan Dapil I, Feby Rifli dan Marzan meninjau lokasi Sungai Batang Jalamu, Kenagarian IV Koto Hilia, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (9/12) 

“Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan melakukan Chek DAM atau pengendalian sungai terhadap Sungai Batang Jalamu,” jelas H. Mahyeldi Ansharullah.

Baca juga: Diguyur Hujan, Gubernur Mahyeldi Resmikan Destinasi Wisata Lembah Batu Limo

Didampingi pemerintah kecamatan dan nagari, Gubernur menyarankan agar sedimen bebatuan yangmenumpuk pada aliran sungai dapat dikeluarkan untuk mencegah tumpukan lebih besar.

“Ke depan, kita akan membangun Check DAM,” jelas Mahyeldi.

Pembangunan Check DAM, jelas Mahyeldi, memerlukan perencanaan matang dan belum bisa dilaksanakan pada 2022 mendatang.

“Pembangunan chek dam tidak hanya untuk Daerah Aliran Sungai (DAS) di Batang Jalamu di Pesisir Selatan saja, tetapi juga untuk 38 DAS di sejumlah Kabupaten/Kota di Sumatera Barat,” jelas Gubernur Mahyeldi.

Walinagari IV Koto Hilia, Satria Darma Putra mengatakan masyarakat sangat berharap penanganan Sungai Batang Jalamu menjadi perhatian serius pemerintah terkait.

“Masyarakat sudah sejak lama mengeluhkan banjir yang kerap melanda kawasan kampung Jalamu dan sekitarnya,” ujar Satria Darma Putra.

Disamping itu, rusaknya bendungan Jalamu yang dihantam arus sungai juga berdampak buruk terhadap produktifitas pertanian masyarakat. Sebab, lebih dari 10 ribu hektare lahan pertanian di dua nagari airnya bersumber dari sungai tersebut.

“Jika airnya tidak mengalir dan mengairi persawahan masyarakat secara maksimal, tentu akan berdampak terhadap para petani kita,” katanya. (*)

Baca juga: Pemerintah Nagari IV Koto Hilie Harapkan Normalisasi Sungai dan Irigasi

Facebook Comments

BACA JUGA  D3 Perbankan Syariah Kembali Aktif, Ketua STAI SNI Serahkan SK Dosen Tetap
loading...
Artikel sebelumyaRamadhani Kirana Putra: Mari Menjadi Motor Penggerak GERMAS
Artikel berikutnyaBupati Agam Hadiri Pengukuhan Pengurus Cabang NU