Gudep MAN 1 Bukittinggi Juara Umum Hari Pramuka ke 59

Gudep MAN 1 Bukittinggi Juara Umum Hari Pramuka ke 59
Bukittinggi, SuhaNews. Pramuka Gugus Depan (Gudep) MAN 1 Kota Bukittinggi kembali mencatat prestasi menggembirakan dan membanggakan, karena didaulat sebagai juara umum pada ajang “Giat Prestasi Pramuka (GPP) 2020” tingkat penegak II dalam rangka memperingati Hari Pramuka Nasional ke 59 Kwarcab XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi.
Sebagai juara Umum, Gudep MAN 1 Kota Bukittinggi berhak atas Tropi Bergilir Walikota Bukittinggi selaku Mabincab Pamuka Bukittinggi.
Kegiatan Giat Prestasi Pramuka Penegak ini dilaksanakan dalam dua bentuk, secara virtual dan tatap muka yang berpusat di Kantor Kwarcab Kota Bukittinggi dan berlangsung pada tanggal 22 s.d 27 November 2020.
Kegiatan Giat Pramuka penegak kali ini mengusung tema “Melalui Giat Prestasi Pramuka Penegak kita tingkatkan peran serta gerakan pramuka ikut dalam penanggulangan covid-19 dengan mematuhi Protokol kesehatan.”

Sekretaris Kwarcab XIII Pramuka Bukittinggi, Yollis Andri, menjelaskan, kegiatan giat prestasi penegak ini, diikuti 14 Sekolah SLTA/SMK/MA yang ada di Kota Bukittinggi.

“Dari 8 mata lomba kepramukaan yang diadakan pada Giat Prestasi Pramuka Penegak tersebut, MAN 1 Kota Bukittinggi berhasil meraih :
– Juara 1 putra dan juara 1 putri Miniatur Pionering.
– Juara 1 lutra dan juara 1 putri penyelenggaraan jenazah
– Juara 1 putra dan Juara 1 putri laporan perjalanan.
– Juara 2 putri semboyan, sandi dan isyarat.
– Juara 2 putra dan juara 2 putri fotografi.
– Juara 3 putra P3k.
– Juara 1 putra dan juara 1 putri vidio kompilasi.
Dari perolehan tersebut menjadikan MAN 1 Kota Bukittinggi meraih Juara 1 putra dan
Juara 1 putri dan dinobatkan sebagai Juara Umum dan berhak atas Piala Bergilir Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias selaku Ketua Mabicab Pramuka Bukittinggi,” jelas Yollis Andri.

Untuk meraih juara Umum “Giat Prestasi Pramuka (GPP) 2020” tersebut Gugus Depan MAN 1 Kota Bukittinggi 259 – 260 melalui perjuangan yang cukup berat dan melelahkan. Latihan mereka laksanakan selama seminggu dari pagi sampai sore dibawah bimbingan dan binaan dari Ibu Fina Firdanti dan Bapak Anggi Febrianto. Sementara pelatih penyelenggaraan Jenazah, Ibu Afrida Yanti dan Ustad Anas Lubuk guru PAI dan penanggung jawab Ibu Ernitha Thamrin selaku Waka Kesiswaan MAN 1 Kota Bukittinggi.

Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi, Drs. Irsyad M.Pd., memberikan apresiasi yang tinggi kepada utusan MAN 1 Kota Bukittinggi yang telah mengharumkan almamaternya dan berharap untuk selalu mempertahankan serta meningkatkan prestasi agar lebih baik di masa yang akan datang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah aktif mengikuti kegiatan mulai dari tingkat Kota sampai tingkat nasional.

Giat Prestasi Pramuka Penegak tahun 2020 ini, dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Kwarcab XIII Pramuka Bukittinggi yang diwakili oleh H. salman wakil ketua Kwarcab XIII Pramuka Bukittinggi. Ia menyebutkan, Gerakan Pramuka berfungsi sebagai lembaga pendidikan Non Formal di dalam dan di luar keluarga. Namun sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda yang berlandaskan sistem among dan menerapkan prinsip dasar kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa serta masyarakat.

Untuk Giat Prestasi Pramuka Penegak tahun 2020 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya pelaksanaan Giat Prestasi Pramuka Penegak bisa di fokuskan disatu tempat akan tetapi karena kondisi Pandemi saat ini pelaksanaan Giat Pretasi Pramuka Penegak ada yang dilaksanakan secara virtual dan ada secara langsung.

Tujuan Giat Prestasi Pramuka Penegak kali ini: Pertama, mempererat tali persaudaraan antar anggota pramuka. Kedua, Berperan aktif Pramuka Penegak dalm menghadapi pandemi covid-19. Ketiga, menggali dan mengembangkan potensi pramuka penegak. Keempat, mengembangkan wawasan dan pengetahuan di bidang kepramukaan. Kelima, meningkatkan semangat kompetisi dengan sportifitas antar pangkalan. Keenam, meningkatkan kualitas pramuka penegak Kota Bukittinggi yang berjiwa Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Dan semua itu berguna untuk meningkatkan kualitas, kreatifitas dan Intelijensi anggota Pramuka Penegak agar dapat menjadi motor penggerak di Gugus Depan, khususnya kota Bukittinggi guna membangun jiwa kepramukaan. Sehingga dapat memupuk rasa Nasionalisme dan Patriotisme para kaum muda calon penerus bangsa agar tercipta suatu kestabilan kondisi nasional.

Selama ini memang Gugus Depan MAN 1 Kota Bukittinggi 259 – 260 selalu berupaya untuk berperan aktif dalam berbagai even kepramukaan, baik tingkat Kota, propinsi bahkan nasional, komentar bunda Mulyani selaku pengurus Kwarcab Bukittinggi yang juga merupakan guru MAN 1 Kota Bukittinggi 28/11.

Pemenang Giat Prestasi Pramuka Penegak Putra :
Juara 1 MAN 1 Kota Bukittinggi.
Juara 2 MA Negeri 2 Bukittinggi.
Juara 3 SMA 1 Bukittinggi.

Pemenang Giat Prestasi Pramuka Penegak Putri :
Juara 1 MAN 1 Kota Bukittinggi.
Juara 2 SMA 1 Bukittinggi.
Juara 3 SMA 2 Bukittinggi.

Peserta Giat Prestasi Pramuka Penegak Putra dari MAN 1 Kota Bukittinggi.
1. Abdul Satria XII IPS 2
2. Dinul Rasyid XII IPA 4
3. Faris Ardyansya XII IPK
4. Andika M. Iqbal XI IPA
5. Azmulatif XII IPS 1
6. Beniqno Amisya XI IPS 3
7. M.Fakhrul Reyza XI IPA 4
8. Ziqri Fadlullah XI IPS 2

Peserta Giat Prestasi Pramuka Penegak Putri dari MAN 1 Kota Bukittinggi
1. Alifa Fauziah XII IPS
2.Sonia Blensky XII IPA 3
3. Hana Salamah Zalfa XII IPA 3
4. Aulya Rahmawati XII. IPA 4
5. Zaharatul Hasanah XI IPS 3
6. Nur Rahmi Rahmadhani XII IPS 1
7. Radhiatun Haafizhah XI IPK
8. Zahratul Hasanah XI IPS 2

reporter : Yal editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...