H.Syamsir, Mantan Pejabat Low Profil Itu Telah Tiada

H.Syamsir, Mantan Pejabat Low Profil Itu Telah Tiada
Solok, SuhaNews. Kabar duka menyebar di Kabupaten Solok, Minggu, (24/10). H.Syamsir, S.Pd.I Khatib Sampono mantan Kasubbag TU Kantor Kemenag Kabupaten Solok yang kini menjabat Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kab. Solok berpulang ke Rahmatullah.

Almarhum menghadap sang khalik sekitar pukul 12.40, Minggu (24/10) dini hari di rumah duka Sawah Durian jorong Aro nagari Talang Kabupaten Solok.

Usai disalatkan di musala dekat rumah duka, jenazah dibawa ke Taluak Dalam nagari Alahan Panjang untuk dimakamkan di pandam pekuburan keluarga yang tak jauh dari Convention Hall Danau Diatas.

Ratusan pelayat melepas jenazah dari rumah duka, termasuk mantan Bupati Solok, H. Gusmal Dt.Rj.Lelo, pejabat dan ASN Kantor Kemenag Kabupaten Solok dan Kota Solok, para tokoh dan masyarakat.

Setelah pensiun dari Kantor Kemenag, H, Syamsir aktif di beberapa organisasi. Di Persaudaraan Pensiunan Kementerian Agama (PPKA) ia dipercaya menjabat Sekretaris mendampingi H.Anas Khatib Bandaro sebagai Ketua. Sedangkan di DMI Kabupaten Solok, sosok murah senyum ini menjabat sebagai Ketua.

Selain itu H.Syamsir juga dipercaya menjadi Ketua Komite MTsN 3 Solok. Salah satu programnya yang sukses selain pembebasan lahan untuk pembangunan ruang kelas baru adalah pengadaan mobil operasioal madrasah melalui sumbangan lima ratus rupiah.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, kita kehilangan salah satu sosok yang ramah, murah bergaul dan berkontribusi bagi pembangunan di Kabupaten Solok, baik dengan peran sebagai pejabat Kemenag maupun andil sebagai tokoh masyarakat,” ujar H.Gusmal yang ditemui usai salat jenazah.

Selain datang melayat, ungkapan duka untuk almarhum juga muncul dimedia sosial. Karena almarhum H.Syamsir semasa hidupnya juga aktif di media sosial.

Salah satunya dari H.Syaiful Arifin, Kasi Bimas Kantor Kemenag yang memulai karir PNSnya di Kantor Departemen Agama Kabupaten Solok, dan menjadi pegawai pembantu pencatat nikah di KUA Lembah Gumanti, dengan Kepala KUA saat itu H.Syamsir.

BACA JUGA  H. Alizar; Jangan Sampai Qurban Menambah Korban

Dalam postingan di facebook, Syaiful Arifin berkisah kedekatannya dengan almarhum, bagaimana almarhum mendidik dan berbagai ilmu sebagai abdi masyarakat semasa sama-sama bertugas di KUA Lembah Gumanti, hingga kemudian kedekatan itu sudah menjadi dunsanak.

Senada dengan ungkapan, hal yang sama juga dilontarkan oleh para ASN Kantor Kemenag, baik yang bertugas di Kantor Kemenag Kabupaten Solok, KUA dan Kemenag Kabupaten Solok Selatan.

Bagi H.Syamsir, baik itu atasan, staf maupun sesama ASN bukan sebatas hubungan kerja. Tapi juga menjaga silaturrahmi keluarga hingga keakraban menjadi dunsanak.

Bahkan ditengah masyarakat H.Syamsi punya beberapa nama panggilan, mulai dari Pak KUA, Pak PS hingga Khatib Sampono yang juga gelar adat di Taluak Dalam nagari Alahan Panjang.

Hal itu juga diungkapkan almarhum semasa menjabat Kasubbag TU kantor Kemenag kabupaten Solok sekaligus sebuah pelajaran, bahwa salah satu kunci sukses pekerjaan itu adalah menjadikan atasan, bawahan dan rekan kerja sebagai dunsanak.

“Perbedaan pandangan dalam pekerjaan, hingga ada keputusan yang tidak sesuai dengan keinginan kita, namun itu yang terbaik untuk lembaga, kita harus legowo tidak boleh egois. Setelah permasalahan selesai, akhiri rasa yang berbeda jangan menjadi dendam,” begitu salah satu ungkapan H.Syamsir kala itu.

Kalau diingat lagi banyak kenangan yang terukir bersama almarhum, baik sebagai pimpinan, sebagai bapak, sebagai mamak hingga sebagai kawan untuk berdiskusi dalam berbagai hal.

H.Rifa’i, mewakili keluarga menyampaikan permohonan maaf jika semasa hiduonya ada sikap, perkataan dan tindakan almarhum yang tidak berkenan.

Selamat jalan H. Syamsir Khtaib Sampono, istirahatlah dengan tenang mantan Ketua Kasubbag TU Kemenag kabupaten/kota se Propinsi Sumatera Barat, semoga pikiran dan langkahmu di DMI menjadi salah satu pintu untukmu menuju Syorga. Fendi

BACA JUGA  Sudah 50 Warga Kabupaten Solok Meninggal Dunia Karena Covid-19

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaMeriahkan Hari Guru, PGRI Tanah Datar Gelar Sejumlah Kegiatan
Artikel berikutnyaGubernur Mahyeldi Ajak Masyarakat Dukung Koperasi Pola Syari’ah